Teknik Teknik Dasar Permainan Softball

Di Indonesia, permainan softball mungkin merupakan hal yang asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meskipun asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, permainan ini merupakan cabang olahraga yang cukup menarik untuk dilakukan. Olahraga beregu ini membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan kerja tim yang baik. Sebelum mencoba bermain, kamu perlu tahu terlebih dahulu teknik dasar dalam softball mulai dari memukul, menangkap, melempar, berlari, dan menjaga. Berikut merupakan teknik dasar pada softball.

Teknik Memukul

Teknik Memukul Softball

Teknik dasar permainan softball pertama yang harus dikuasai pemula adalah memukul atau batting. Teknik ini wajib dikuasai untuk mendapatkan skor. Seorang pemukul membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik, waktu reaksi yang cepat, kepercayaan diri, dan menguasaan teknik memukul baik.

Dalam permainan softball, teknik memukul dibagi menjadi 2 jenis yaitu, pukulan swing, dan pukulan tumbuk (bunt). berikut penjelasannya.

Pukulan Swing

Teknik pukulan yang satu ini dilakukan dengan cara mengayunkan lengan untuk memukul bola sekeras mungkin hingga bola jatuh di luar lapangan. Saat memegang bat, diusahakan untuk rileks. Ketika bola datang, geser kaki ke depan ke arah datangnya bola. Lalu, lakukanlah ayunan ke atas jika ingin bola terpukul melambung, atau ayunkan bat lurus jika ingin bola terpukul lurus. 

Pukulan Bunt

Teknik ini dilakukan dengan cara menahan laju arah bola. Pukulan tumbuk merupakan teknik memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul, cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Teknik ini disebut juga sebagai teknik pukulan pendek.

Teknik Menangkap

Teknik Menangkap Softball

Dengan menguasai teknik menangkap atau catching yang memungkinkan untuk seorang pemain tidak hanya menangkap bola tanpa terluka. Melainkan juga memposisikannya untuk melempar bola dengan tepat. Sama seperti teknik memukul, teknik menangkap juga terdiri 2 jenis yaitu, teknik menangkap bola melambung, dan menggelinding. Berikut penjelasannya.

Teknik Menangkap Bola Melambung

Cara melakukan teknik ini yaitu posisikan badan berada tepat di depan posisi bola terjatuh, dan bola ditangkap dengan menggunakan 1 tangan atau 2 tangan secara sekaligus.

Teknik Menangkap Bola Menggelinding

Cara melakukan teknik menangkap bola menggelinding yaitu ditangkap dengan cara berlutut, dan tangan kiri yang memakai sarung tangan, harus diposisikan tepat pada arah jatuhnya bola. Sedangkan untuk tangan kanan, harus siap menangkap maupun melempar bola yang datang. 

Teknik Melempar

Teknik Melempar Softball

Selain menangkap, melempar juga termasuk keterampilan defensif dalam permainan softball. Tidak hanya harus memperhatikan unsur kecepatan dan ketepatan, seorang pitcher juga harus mengetahui cara memegang bola dan teknik melempar. 

Baca Juga :

Kemampuan menangkap dan melempar yang tepat dan cepat akan menyulitkan pelari yang mencoba maju ke pangkalan selanjutnya. Teknik melempar dalam soft ball terbagi menjadi 3 jenis yaitu, overhand throw, sidehand throw, underhand throw. Berikut penjelasannya.

Lemparan Atas (Overhand Throw)

Lemparan ini dilakukan dengan gerakan ayunan lengan kanan ke atas hingga melewati garis horizontal persendian bahu. Pada saat melempar, ayunkan tangan dan langkah kaki secara bersamaan.

Lemparan Samping (Sidehand Throw)

Lemparan ini dilakukan dengan lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan. Lemparan ini biasa digunakan dalam jarak pendek dan memerlukan waktu yang cepat. Jalannya bola lurus dan lebih cepat. 

Lemparan Bawah (Underhand Throw)

Lemparan bawah biasanya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisikan tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk. Biasanya lemparan ini dilakukan dengan cepat dan dalam jarak dekat untuk dapat mematikan lawan dengan segera.

Teknik Berlari

Teknik ini dilakukan setelah pemain memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher, pemain harus berlari dengan cepat atau sprint. Teknik lari sprint merupakan berlari dengan ujung kaki, dengan tangan diayunkan agar tidak tegang dan tubuh condong ke depan dengan paha yang sedikit diangkat tinggi.

Teknik Menjaga

Teknik menjaga atau fielding ini merupakan teknik yang paling penting dalam permainan softball. Fielding adalah teknik dasar permainan softball yang bersifat defensif. Teknik ini membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi sebelum bola datang atau sebelum bola dipukul oleh batter. Pada posisi ini, seorang pemain harus mampu mengantisipasi segala kemungkinan arah datangnya bola.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved