Perbedaan Antara Baseball Dan Softball Yang Wajib Diketahui

Permainan softball dan baseball merupakan dua jenis olahraga permainan kecil. Keduanya merupakan jenis olahraga beregu yang cukup seru dimainkan. Meski sama sama dimainkan secara beregu dan sama-sama digolongkan pada jenis permainan bola kecil, namun jika diperhatikan lebih jeli terdapat beberapa perbedaan antara softball dengan baseball. Perbedaan-perbedaan tersebut jarang diketahui sehingga banyak yang menganggap bahwa softball dan baseball merupakan permainan yang sama. Berikut merupakan perbedaan antara permainan baseball dan softball

Baseball Hanya Untuk Pria

Baseball

Olahraga Baseball hanya dimainkan oleh Pria saja, maka terkadang Baseball juga disebut sebagai Hardball, sedangkan Softball dapat dimainkan oleh pria maupun wanita. 

Ukuran lapangan (Field) 

Ukuran Lapangan Baseball Dan Softball

Untuk baseball sendiri jarak antara setiap base adalah 27,432 meter atau 90 kaki. Sementara softball hanya 60 kaki. Dan pagar lapangan (outfield fence) sebagian besar lapangan baseball sekitar 400 kaki, untuk softball hanya sekitar 200 kaki dari home plate.

Aturan Permainan

Dalam permainan softball, regu pelari dilarang meninggalkan base. Karena jarak antar base terlalu dekat. Sementara dalam permainan baseball, terdapat aturan stealing base yang memungkinkan pelari tengah untuk meninggalkan base sejauh 3 langkah. Begitu bola terlempar dari pitcher, pelari dapat langsung menuju base selanjutnya.

Durasi Pertandingan

Dalam permainan softbal memiliki Durasi pertandingan tujuh babak atau inning. Namun, pertandingan dapat saja berakhir lebih cepat dengan beberapa ketentuan tertentu. Sementara durasi pertandingan dalam baseball memiliki sembilan babak. Namun, babaknya bisa ditambah jika antar kedua regu seri.

Berat Bola Dan Ukurannya

Bola Softball Dan Baseball

Untuk diameter bola pada permainan softball berukuran sekitar 30–31 cm dengan memiliki berat mencapai 180–200 gram. Karenaberukuran lebih kecil dan lebih ringan, bola baseball tentunya berdiameter kurang dari bola softball. Secara umum, bolabaseball dibentuk dengan diameter 23,5 cm dan berat 178 gram.

Baca Juga :

Pemukul

Pemukul Softball Dan Baseball

Selain bola, peralatan lain yang menjadi perbedaan softball dan baseball selanjutnya yaitu pemukul atau bat. Dalam permainan softball, alat pemukul yang digunakan berukuran lebih panjang dibandingkan alat pemukul baseball. Berdasarkan usia pemain, alat pemukul softball memiliki ukuran panjang 28–34 inci. Sementara alat pemukul baseball dibentuk sepanjang 24–33 inci sesuai usia pemain.

Cara Melempar Bola

Lemparan Baseball Dan Softball

Lemparan yang dilakukan seorang pelempar pada permainan softball memiliki perbedaan dengan lemparan yang dilakukan seorang pelempar pada permainan baseball yaitu, pada permainan softball, bola dilempar oleh seorang pelempar dari arah bawah ke atas. Sedangkan pada permainan baseball, bola dilempar oleh seorang pelempar dari atas lurus ke arah pemukul.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved