7 Daftar Anime Bertema Sepak Bola

Anime merupakan istilah untuk animasi buatan Jepang yang kini berkembang menjadi bentuk budaya populer, dengan basis penggemar yang cukup banyak di seluruh dunia. Anime tidak hanya dipandang sebagai sarana hiburan semata, sebagian besar orang bahkan menganggap kartun tersebut sebagai tontonan hari-hari, lantaran mempunyai cerita yang menarik dan menginspirasi.

Bagi kamu penggemar sepak bola sekaligus anime berikut merupakan daftar anime anime bertema sepak bola yang bisa kamu tonton saat sedang ada waktu luang.

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa

Siapa sih yang tidak kenal dengan anime yang satu ini. Anime yang satu ini pernah menjadi tontonan saat masih di bangku sekolah, dulu anime ini pernah ditayangkan dibeberapa televisi Indonesia seperti, RCTI, Global TV, TV 7, Spacetoon dan NET.

Sejak kemunculannya di tahun 1983, anime yang diambil dari manga yang ditulis oleh Yoichi Yakhashi ini telah banyak mengalami perubahan baik dari sisi cerita maupun visualisasi grafis. Pada tahun 2018, Captain Tsubasa kembali hadir dengan tampilan yang lebih modern dan cerita yang sedikit dimodifikasi.

Anime ini bercerita tentang seorang anak bernama Tsubasa Ozora. Seorang anak SD yang baru pindah ke kota Nankatsu. Ia sangat menyukai sepak bola dan bergabung di klub sepak bola sekolahnya. Tsubasa dan klubnya memiliki rival dari klub sepakbola yang dipimpin Genzo Wakabayashi. 

Tsubasa bertemu dengan pesepak bola Brazil yang ternyata merupakan teman ayahnya Tsubasa, Roberto Hongo. Ia pun akhirnya menjadi pelatih Tsubasa. Pertualangan Tsubasa dan sepak bola terus belanjut hingga ia masuk menjadi anggota muda tim nasional Jepang.

Offside

Offside

Sama seperti Tsubasa, anime offside juga pernah ditayangkan di TV Nasional Indonesia. Anime ini bercerita tentang klub sepak bola yang ada di SMA Kawako. Bermula dari seorang murid baru bernama Goro yang berpostur besar bergabung di SMA Kawako. Awalnya Goro dijadikan kiper karena postur tubuhnya. 

Seiring berjalannya waktu Goro pun mencoba posisi lain sebagai penyerang. Melihat potensi yang dimilikinya, kapten dari tim sepak bola SMA Kawako pun mencoba memainkannya di posisi striker. Bersama teman-temannya yang lain, Goro pun memimpin klub bola sekolahnya. Mereka pun berniat mengalahkan klub bola paling kuat, yaitu SMA Yokonan.

Inazuma Eleven

Inazuma Eleven

Tak seperti anime lainnya yang diadaptasi dari manga, Inazuma Eleven merupakan anime yang diadaptasi dari game Nitendo. Inazuma Eleven ini bercerita tentang klub sepak bola Raimon Junior High pada awalnya hanya memiliki 7 orang pemain. Kondisinya memprihatinkan, setiap saat-saat latihan harus meminjam lapangan dari klub baseball. Pada suatu hari, Mamoru dipanggil oleh kepala sekolah yang memberitahukan bahwa akan ada pertandingan melawan tim sepak bola Akademi Teikoku. Jika klub sepak bola Raimon kekurangan orang atau kalah, maka klub ini akan dibubarkan.

Blue Lock

Blue Lock

Blue Lock adalah manga Jepang yang ditulis oleh Muneyuki Kaneshiro. Anime ini mengisahkan tentang tim nasional Jepang yang menempati posisi ke 16 pada gelaran Piala Dunia 2018. Lalu federasi sepak bola Jepang mempekerjakan seseorang yang bernama Ego Jinpachi. Jinpachi memiliki sebuah program bernama Blue Lock, di mana akan ada 300 striker berusia 18 tahun yang ikut seleksi. 

Tujuannya dari program tersebut agar tim nasional Jepang akan memiliki seorang striker tajam yang hebat dalam mencetak gol. Apabila ada pemain yang gagal dalam seleksi Blue Lock, maka orang tersebut dilarang untuk membela tim nasional Jepang selamanya. Salah satu pemain bola untuk tim SMA, Yoichi Isagi, memutuskan untuk mengikuti program paling kontroversial tersebut.

Ao Ashi

Ao Ashi

Anime ini bercerita tentang seorang anak SMP bernama Ashito Aoi yang memiliki bakat dalam bermain sepakbola. Ia rela meninggalkan kampung halamannya demi menjadi pesebak bola profesional. Lalu ia berhasil bergabung di salah satu klub di Jepang.

Baca Juga :

Sayangnya setelah ia masuk ke klub tersebut tim nya mengalami kekalahan beruntun yang membuat Ashito kehilangan kesabaran dan emosi. Akibatnya ia dikeluarkan dari klubnya. Setelah dikeluarkan dari tim, Ashito didekati oleh seorang pelatih, Tatsuya Fukuda. Ia pun ikut dalam uji coba bola di kota Tokyo. Disinilah karier bola Ashito yang mengubah hidupnya dimulai.

Area No Kishi

Area No Kishi

Karya yang ditulis oleh Hiroaki Igano ini bercerita tentang Suguru Aizawa mempunyai seorang adik bernama Kakeru Aizawa. Mereka berdua memiliki minat yang sama terhadap permainan sepak bola. Namun, sang adik selalu merasa tidak berbakat dalam olahraga tersebut, dan justru sang kakak lebih pandai dalam bermain bola.

Giant Killing

Giant Killing

Giant Killing merupakan sebuah seri manga seinen asal Jepang yang ditulis oleh Masaya Tsunamoto. anime ini menceritakan seorang pelatih muda bernama Tatsumi Takeshi. Semasa menjadi pemain bola bersama dengan East Tokyo United, ia menjadi pemain bintang dan hebat. Namun kali ini, Tatsumi harus melatih klubnya tersebut, dan membangkitkan kembali prestasi dari mantan klubnya.

Dengan strategi yang dia miliki, Tatsumi mulai membangun kekuatan dalam klub barunya tersebut. Selain harus memenangkan setiap pertandingannya, ia pun harus menghadapi tekanan dari suporter fanatik East Tokyo United.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved