7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum, olahraga merupakan suatu kegiatan yang melibatkan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun secara rohani. Di era modern ini olahraga merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan manusia.

Dengan berolahraga secara rutin akan memberikan asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja secara maksimal. Ketika jantung dan paru-paru sehat, kamu pun akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Terdapat banyak manfaat ketika kamu rutin berolahraga diantara meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari olahraga berikut manfaat manfaat dari olahraga

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit

Dengan melakukan olahraga 20 hingga 30 menit tiap harinya akan menurunkan resiko terkena penyakit seperti jantung, stroke dan penyakit lainnya. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol sehat.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kamu merasa sering sulit untuk tidur, maka olahraga merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk memperbaiki kualitas tidurmu. Bersumber dari Sleep Foundation, aktivitas fisik ini mampu mempercepat fase terjaga hingga tertidur.

Karena olahraga mampu meningkatkan suasana hati dan mengurangi pikiran tak terarah (overthinking), hal ini membuatmu lebih tenang sehingga kamu lebih mudah tertidur.

Mengatasi Stress

Dengan rutin berolahraga, tingkat hormon stres seperti kortisol, adrenalin, dan norepinefrin dapat dikurangi. Sementara itu, kadar hormon serotonin dan dopamin yang dapat memperbaiki suasana hati akan meningkat, sehingga akan merasa lebih rileks dan bahagia. Olahraga pun baik untuk mencegah dan meringankan gejala gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar

Menjaga Kebugaran Tubuh

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan mulai dari muda hingga tua pun dapat melakukannya. Berbagai jenis olahraga, seperti jalan santai, bersepeda, berenang, dan senam lansia, terbukti dapat membuat lansia lebih bugar. Selain itu, olahraga juga dapat memperkuat otot, tulang, dan sendi, serta mencegah demensia atau pikun.

Meningkatkan Kualitas Seks

Tubuh yang mudah lelah dan tidak fit tentu dapat menggangu hubungan seksual. Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri terhadap penampilan fisik yang dapat meningkatkan kehidupan seksmu.

Baca Juga :

Aktivitas fisik atau olahraga juga dapat meningkatkan gairah wanita. Pria yang rutin berolahraga lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang tidak berolahraga.

Melancarkan Peredaran Darah

Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, resiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke dapat berkurang.

Mencegah Terjadinya Nyeri Punggung

Mencegah Nyeri Punggung

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang cukup umum dialami oleh orang dewasa dan lansia. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan mampu menopang sendi dan tulang belakang dengan lebih baik. Berbagai jenis olahraga yang baik untuk nyeri punggung adalah yoga, berenang, bersepeda, jalan kaki, atau pilates.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved