Mengenal Olahraga : Pengertian Dan Jenis Jenis Olahraga

Olahraga merupakan semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Umumnya orang orang menjadikan olahraga untuk menyehatkan badan, sarana rekreasi, hingga dijadikan profesi yang ditekuninya.

Semua orang membutuhkan olahraga, baik tua maupun muda. Bahkan olahraga semestinya menjadi kebiasaan yang perlu ditanamkan kepada anak-anak sedari kecil. Orang-orang yang mengidap kondisi penyakit tertentu seperti diabetes ataupun obesitas membutuhkan olahraga sebagai aktivitas harian. Selain itu, olahraga kerap menjadi bagian dari metode terapi kesehatan relaksasi buat pengidap stres, masalah kesehatan tulang, dan gangguan kesehatan lainnya.

Pengertian Olahraga

Secara umum, olahraga merupakan suatu kegiatan yang melibatkan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun secara rohani. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Selain menurut KBBI ada juga para ahli yang mengartikan olahraga diantaranya Hans Tandra, Suryanto Rukmono, Kathryn Marsden, Seno Gumira Ajidarma, Cholik Mutoir. Berikut penjelasannya

  1. Menurut Hans Tandra, olahraga merupakan suatu gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh manusia.
  2. Menurut Suryanto Rukmono, olahraga merupakan suatu kegiatan melatih tubuh manusia agar lebih sehat dan kuat, baik jasmani dan rohani.
  3. Menurut Kathryn Marsden, olahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat mengurangi stres dan sangat mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.
  4. Menurut Seno Gumira Ajidarma, olahraga merupakan suatu kegiatan yang menyehatkan tubuh manusia dan sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.
  5. Menurut Cholik Mutoir, olahraga merupakan suatu kegiatan fisik yang dilakukan secara sistematik untuk membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang.

Baca Juga :

Jenis Jenis Olahraga

Jenis Jenis Olahraga

Di dalam olahraga terbagi menjadi 2 jenis olahraga yaitu, olahraga modern dan olahraga tradisional berikut penjelasannya.

Olahraga Modern

Olahraga modern merupakan kegiatan yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmani dan rohani seseorang dengan proses sistematik, baik sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan olahraga yang telah mengalami perubahan dan peraturan permainan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi yang berkembang di dunia.

Olahraga olahraga modern dapat kamu temukan di ajang kompetisi olahraga nasional maupun internasional seperti Olimpiade dan Sea Games. Contoh dari olahraga modern diantaranya adalah sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, atletik, memanah, dan masih banyak lagi.

Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional merupakan permainan turun temurun yang dijadikan sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Meskipun tidak sepopuler olahraga modern, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tetap melakukan olahraga tradisional.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved