7 Gerakan Olahraga Mengatasi Perut Buncit Yang Wajib Dicoba

Perut buncit merupakan suatu kondisi dimana perut terlihat membengkak atau membesar. Memiliki perut buncit tak hanya dapat menurunkan kepercayaan diri saja, dengan memiliki perut buncit dapat meningkatkan resiko terkena penyakit. Salah satu penyebab dari perut buncit adalah obesitas. Obesitas merupakan suatu kondisi dimana terjadinya penumpukan lemak yang berlebih karena kurangnya pembakaran kalori.

Selain karena obesitas, ada juga penyebab lain dari perut buncit diantaranya jarangnya berolahraga, kurang tidur, kebiasaan hidup yang kurang sehat, dan minum minuman alkohol. Berikut merupakan olahraga olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit.

Sit Up

Sit up merupakan salah satu olahraga sederhana yang dapat dilakukan dimana saja. Meskipun sederhana olahraga ini memiliki manfaat untuk mengecilkan perut buncit. Lakukan lah 20 - 30 kali sit up sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bicycle Crunch

Bicycle Crunch<

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang kurang lebih mirip seperti saat mengerdarai sepeda. Bedanya gerakan ini dilakukan sambil berbaring telentang dan kaki di udara. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Berbaring telentang di atas matras.
  2. Letakkan tangan kita untuk menopang kepala seperti gambar di atas.
  3. Letakkan kepala dengan sedikit meringkuk ke depan dan pastikan untuk tidak menempel ke matras, sekitar 45 derajat tingginya dari lantai.
  4. Angkat kaki ke atas sehingga membentuk sudut sekitar 45 derajat.
  5. Putar tubuh bagian atas termasuk kepala ke arah kanan dan kiri.
  6. Ketika kita menengok ke sisi kanan, kaki kiri ditekuk hingga menempel siku.
  7. Kemudian luruskan kembali. Lakukan secara bergantian berulang-ulang.
  8. Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set. Setiap set terdiri dari 10 kali pengulangan, 5 kali ke arah kanan dan 5 ke arah kiri. Gerakan ini membuat otot perut kita nantinya akan semakin kuat.

Crossover Crunch

Crossover Crunch merupakan gerakan yang dipercaya dapat mengatasi perut buncit, gerakan ini dianggap mampu membakar kalori hingga meredakan nyeri punggung. Cara melakukannya sebagai berikut :

  1. Posisikan tubuhmu dalam posisi terlentang di lantai.
  2. Tempatkan tangan di belakang kepala dan letakkan kaki kanan di atas kaki kiri dalam posisi bersila.
  3. Putar kepala serta tubuh ke arah kanan dan kiri.
  4. Buang napas secara perlahan dan angkat sedikit bagian kepala, leher, serta bahu sembari berfokus pada kontraksi otot perut.
  5. Ganti posisi kaki dan lakukan gerakan yang sama dengan memutar tubuh.

Vertical Leg Crunch

Vertical Leg Crunch
Mengutip Verywell Fit, gerakan vertical leg crunch merupakan gerakan yang membangun otot inti dan juga meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak. Saat mengangkat kaki tegak lurus akan meningkatkan keseimbangan dan postur bagian tulang belakang. Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Posisikan tubuh telentang sambil menekuk bagian lutut.
  2. Ketika dalam posisi ini bagia punggung harus tetap sejajar atau rata menempel di lantai. Angkat kaki perlahan-lahan sambil mengatur pernapasan.
  3. Jaga posisi kaki supaya tetap lurus mengarah ke atas, tanpa bergoyang miring ke satu sisi.
  4. Jika bagian tubuh tulang belikat terangkat dari lantai, jeda dalam posisi itu, sambil menurunkan perlahan.
  5. Tarik napas sambil menjaga posisi saat kaki turun kembali ke lantai bergerak lambat tetap terkendali.

Twist Crunch

Twist Crunch merupakan gerakan dengan cara berbaring dengan menekuk salah satu lutut dan menyilangkan sisi lainnya. Simpan tangan di belakang kepala, lalu angkat sedikit badan dan lakukan gerakan menyilang. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali. Selain untuk mengecilkan perut buncit gerakan ini juga mampu melancarkan pencernaan, meredakan nyeri punggung dan memperkuat otot perut.

Baca Juga :

The Stomach Vacuum

The stomach vacuum merupakan gerakan yang tidak memerlukan terlalu banyak alat bahkan hanya cukum mengatur nafas untuk mengembangkan dan mengempiskan perut. Sehingga dengan melakukan olahraga The Stomach Vacuum, perut dapat menjadi rata, kuat, dan indah selain itu, perut yang rata juga memiliki efek kesehatan, terutama pada sistem pencernaan. Berikut cara melakukannya :
  1. Posisikan tubuhmu telentang dengan kedua tangan letakkan dipinggul
  2. Lalu, buang semua udara keluar, sebanyak yang bisa dilakukan.
  3. Kemudian, kembangkan dada, dan ambil udara sebanyak mungkin dengan mengecilkan perut sekecil mungkin, dan tahan.
  4. Cobalah tahan selama 20 detik (atau lebih) untuk seorang pemula, dan kemudian lepaskan. Ulangi 10 kali untuk satu set.

Side Plank

Side Plank.jpg

Side plank merupakan salah satu gerakan yang mengharuskanmu untuk menahan tubuh dengan salah satu sisi tubuh dalam posisi lurus dan hanya didukung oleh satu tangan dan satu sisi kaki. Selain bermanfaat untuk mengecilkan perut buncit, gerakan ini juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan keseimbangan, memperkuat kaki, dan memperkuat tangan dan pergelangan tangan. Berikut cara melakukannya :

  1. Miringkan badan ke salah satu sisi tubuh, baik kiri maupun kanan.
  2. Posisikan siku di bawah bahu dan pastikan lengan tetap lurus sejajar dengan tubuh.
  3. Luruskan dan tumpuk kedua kaki.
  4. Dorong pinggul secara perlahan sampai posisinya sejajar dengan bahu dan kaki sembari memperhatikan kontraksi perut.
  5. Tahan posisi tersebut sekitar 30 hingga 45 detik lamanya.
  6. Kemudian turunkan pinggul perlahan namun jangan sampai menyentuh lantai.
  7. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 hingga 3 set dengan 10 kali repetisi. Ulangi latihan ini di sisi tubuh sebaliknya.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved