Olahraga Kardio Pengertian Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan tubuhmu mulai dari makan makanan yang sehat, hindari makanan cepat saji, minum minuman air putih, istirahat yang cukup dan lain sebagainya. Selain itu memelihara tubuh dapat dilakukan dengan olahraga untuk kesehatan.

Olahraga merupakan sebuah aktivitas gerak tubuh yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan seseorang. Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Olahraga kardio menjadi salah satu opsi yang patut kamu pertimbangkan. Sebab, selain membuat tubuh bugar, dengan melakukan olahraga kardio juga dapat membakar banyak lemak, melancarkan pernapasan, dan memelihara kesehatan jantung.

Pengertian Olahraga Kardio

Pengertian Olahraga Kardio

Olahraga kardio atau dikenal juga olahraga aerobik merupakan jenis olahraga yang bertujuan meningkatkan fungsi tubuh, terutama pada jantung dan paru-paru. Ketika melakukan olahraga kardio dapat membakar lemak dalam tubuh. Biasanya, orang yang sering melakukan olahraga kardio memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, dibandingkan orang yang tidak aktif melakukan olahraga kardio cenderung memiliki sistem imun yang rendah.

Manfaat Olahraga Kardio

Dengan melakukan olahraga kardio minimal 20 hingga 30 menit tiap harinya, maka kamu akan mendapatkan manfaat diantaranya : 

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga kardio dapat membantu jantung menjadi lebih kuat sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh lebih maksimal. Hal ini baik karena artinya jantung tidak harus bekerja sekeras biasanya. Detak jantung istirahat juga cenderung lebih rendah dan bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Dengan melakukan olahraga kardio dapat mendorong tubuh menyuplai banyak oksigen kedalam tubuh sehingga paru paru dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi kemungkinan sesak napas. Selain itu, olahraga kardio juga dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah, mengurangi stres, meningkatkan produksi kolesterol baik, menurunkan risiko penyakit berat seperti diabetes dan stroke.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Ketika melakukan olahraga kardio maka jantung dan paru-paru akan menjadi lebih kuat. Selain itu juga akan meningkatkan kebugaran tulang dan otot. Kita mungkin mudah merasa lelah saat pertama kali berolahraga, namun seiring berjalannya waktu, stamina kita akan bertambah sehingga tidak mudah merasa lelah.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker 

Berdasarkan penelitian dari University of South Carolina, melakukan olahraga kardio dapat membuat tubuh melepaskan antioksidan yang berguna melawan radikal bebas dan mengatasi kanker.

Baca Juga :

Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badanmu olahraga kardio bisa menjadi salah satu solusinya. Para peneliti percaya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga kardio dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, olahraga kardio juga mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas.

Menjaga Kadar Gula

Sebuah studi mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga kardio secara rutin dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan mengurangi gejalanya. Hal ini karena olahraga mampu memperbaiki cara tubuh dalam menggunakan gula darah dan juga menurunkan resistensi terhadap insulin.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi orang yang secara rutin melakukan olahraga kardio akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan orang yang jarang melakukan olahraga kardio. Dengan melakukan olahraga kardio secara rutin akan meningkatkan antibodi yang bernama imunoglobulin sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah terkena penyakit.

Olahraga kardio memang memiliki segudang manfaat didalamnya, namun lakukanlah yang sewajarnya jangan terlalu berlebihan. Jika merasa lelah istirahatlah sejenak baru dilanjutkan. Jika memaksa akan berdampak pada kesehatan tubuh.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved