10 Peraturan Sepak Bola Yang Perlu Diketahui

Seperti yang kita ketahui sepak bola adalah olahraga paling populer didunia. Permainan sepak bola dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 orang pemain dimasing masing timnya. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan, sekaligus mempertahankan gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Terlihat sederhana bukan?. Meskipun terlihat sederhana terdapat beberapa peraturan permainan sepak bola yang wajib dipatuhi oleh pemain selama pertandingan berlangsung.

Jumlah Pemain

Jumlah Pemain

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jumlah pemain untuk setiap timnya yaitu 11 orang. Jika dalam 1 tim memiliki pemain kurang dari 7 pemain apapun alasannya, maka tim tersebut dinyatakan kalah.

Lama Pertandingan

Pertandingan sepak bola dimainkan selama 2 babak yang terdiri dari 45 menit di setiap babaknya. Jika selama 2 babak kedua tim mendapatkan skor yang sama maka akan diadakan pertambahan waktu atau extra-time dengan durasi setiap babaknya 15 menit. Jika skor tidak ada perubahan atau masih sama maka akan diadakan adu pinalti.

Dimulainya Pertandingan

Kick Off

Ketika akan memulai suatu permainan maka dilakukan kick-off terlebih dahulu. Dalam sepak bola akan melakukan kick off jika terjadinya sebuah gol, memulai pertandingan, memulai babak kedua, dan memulai babak extra-time.

Pergantian Pemain

Menurut FIFA dalam pertandingan resmi, pergantian pemain hanya dapat dilakukan sebanyak 3 kali di waktu babak normal, dan 2 kali pergantian pemain di babak tambahan.

Wasit

Wasit Sepak Bola

Dalam sebuah pertandingan resmi, diwajibkan untuk ada wasit dipertandingan tersebut. Wasit memiliki peran penting untuk memastikan pertandingan berjalan dengan lancar tanpa adanya kecurangan.

Wasit bertugas dalam memegang penuh jalannya pertandingan, hingga memberi keputusan ketika pemain melakukan suatu pelanggaran.

Asisten Wasit

Asisten wasit atau yang sering disebut linesman ini adalah asisten wasit yang bertugas memberitahukan kepada wasit jika terjadi offside dalam sebuah pertandingan. Selain itu asisten wasit juga memiliki tanggung jawab untuk membantu wasit dalam memutuskan sebuah permasalahan.

Baca Juga :

Terjadinya Pelanggaran

Terjadinya Pelanggaran

Dalam pertandingan sepak bola terdapat pelanggaran diantaranya bola menyentuh tangan, mendorong lawan, menarik baju lawan, tackle yang terlalu keras, mengganggu pergerakan penjaga gawang dan lain-lain.

Jika pemain melakukan salah satu pelanggaran yang diatas baik disengaja ataupun tidak, wasit berhak mengeluarkan kartu kuning bahkan merah kepada pelanggar. Jika pemain mendapatkan 1 kartu kuning maka itu hanya diberi peringatan saja, namun jika mendapatkan kartu kuning untuk kedua kalinya maka pemain harus keluar lapangan.

Penalty

Penalty

Jika terjadinya pelanggaran yang dilakukan di dalam kotak pinalty maka tim korban akan mendapatkan hak untuk melakukan pinalty.

Tendangan Sudut

Tendangan sudut dilakukan ketika bola terakhir disentuh oleh tim yang bertahan dan melewati garis gawang. Regu penyerang mendapatkan tendangan sudut.

Offside

Offside adalah pelanggaran dimana ketika penyerang mengumpan ke posisi pemain yang berada di belakang tim lawan terakhir yang mendekati lawan dan menerima umpanan tersebut. Akibatnya tim korban akan mendapatkan tendangan bebas (free kick).

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved