Apa Itu Kick Off Dalam Sepak Bola? Berikut Penjelasannya

Olahraga adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 pemain dimasing masing timnya. Tim yang berhasil mencetak gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Dalam permainan sepak bola memiliki beberapa istilah salah satunya kick off. Apa sih kick off itu? Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu kick dalam olahraga sepak bola.


Pengertian Kick Off

Kick Off Sepak Bola

Tendangan awal atau kick off adalah sebuah metode yang digunakan untuk memulai sebuah pertandingan. Dikutip dari laman resmi The Football Association (Asosiasi Sepak Bola Inggris), kick off adalah tendangan yang memulai kedua babak pertandingan, kedua babak perpanjangan waktu, dan tendangan untuk memulai permainan kembali permainan setelah gol dicetak.

Tanpa tendangan kick off, maka permainan tidak bisa dimulai. Tendangan kick off dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu, salah satunya bahwa bola harus berada di tengah-tengah tanda yang ada di lapangan.

Proses Kick Off

Proses Kick Off

Sebelum melakukan kick off, biasanya wasit akan memanggil kedua kapten dari tiap klub yang akan bermain dan wasit melakukan pengundian dengan cara melempar koin ke atas. Setelah ditangkap wasit akan meminta kedua kapten untuk memilih kepala (depan) atau buntut (belakang).

Jika pilihannya benar maka pemenang akan menentukan untuk memilih bola atau gawang. Jika memilih bola maka akan melakukan kick off di babak 1, sedangkan jika memilih gawang maka akan melakukan kick off di babak 2.

Selain itu, kick off kembali dilakukan jika salah satu tim berhasil memasukan gol ke gawang musuh. Jika ada babah tambahan, maka akan diadakan undian ulang untuk menentukan tim yang berhak mendapatkan kick off.

Peraturan Kick Off

Kick Off Sepak Bola

Sebelum kick off di mulai, setiap pemain harus berada di wilayah masing masing tidak boleh melewati garis tengah lapangan dan dilarang berada di dekat pemain yang akan melakukan kick off. Pemain lawan harus berada di luar lingkaran tengah lapangan atau berada di jarak 9,2 meter.

Baca Juga :

Sebelum munculnya peraturan baru, tendangan kick off dilakukan oleh salah satu pemain ke arah gawang lawan atau ke arah depan. Sebelum tahun 2016, Kick Off dilakukan oleh dua pemain, dimana pemain pertama tidak boleh menyentuh bola sebelum bola disentuh pemain lainnya. Dan juga bola harus mengarah kedepan.

Namun pada tahun 2016, FIFA menghapus peraturan tersebut dan menggantinya. Cara melakukan Kick Off yang baru sesuai aturan FIFA ialah bola diperbolehkan untuk langsung diarahkan ke belakang dan dilakukan oleh satu pemain.

Selain bisa ditendang kebelakang, tendangan pertama ini juga boleh langsung mengarah ke gawang lawan. Dan apabila tendangan tersebut masuk ke dalam gawang lawan maka dianggap sebagai gol yang sah. Namun tetap saja pada saat akan dilakukan Kick Off pemain lawan tidak diperbolehkan untuk melewati garis yang berada ditengah lapangan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved