Ukuran Lapangan Dan Gawang Sepak Bola Sesuai Standar Nasional Dan Internasional

Fédération Internationale de Football Association atau sering dikenal FIFA adalah organisasi yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan sepak bola dunia. Sedangkan PSSI adalah organisasi yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan sepak bola Indonesia. Sepak bola adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh 11 pemain tiap timnya. Untuk memainkan olahraga yang satu ini dibutuhkan lapangan hijau yang luas.

Namun biasanya lapangan yang akan digunakan untuk pertandingan resmi harus memenuhi ukuran lapangan standar internasional atau nasional yang sudah diatur oleh FIFA atau PSSI. Oleh karena itu, berikut rician ukuran lapangan sepak bola sesuai standar internasional dan nasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Lapangan Bola

Pada dasarnya untuk ukuran lapangan sepak bola kurang lebih mengikuti dengan standar internasional. Untuk ukuran standar lapangan sepak bola menurut PSSI yaitu, lapangan berbentuk persegi panjang dengan memiliki panjang 90 hingga 120 meter, memiliki lebar 45 hingga 90 meter, lingkaran tengah memiliki radius 9,15 meter, kotak kiper memiliki ukuran 18,3 x 5,5 meter, dan kotak pinalti memiliki ukuran 39,2 x 16,5 meter.

Baca Juga :

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Untuk ukuran standar lapangan bola menurut FIFA yaitu, lapangan tentu saja berbentuk persegi panjang dengan memiliki panjang 100 hingga 110 meter, memiliki lebar 64 hingga 75 meter, lingkaran tengah memiliki radius 9,15 meter, Jarak titik penalti dari garis gawang berjarak 11 meter, dan kotak pinalti memiliki ukuran 40 m x 16,5 meter.

Ukuran Gawang

Ukuran Gawang

Selain lapangan, gawang juga adalah salah satu hal yang penting dalam sepak bola. Karena tujuan dari permainan ini sendiri yaitu memasukan bola ke gawang musuh sebanyak banyaknya. Oleh karena itu gawang berperan sangat penting untuk ini. Tim yang memasukan bola ke gawang terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Menurut FIFA, sebuah lapangan sepakbola harus memiliki gawang dengan memiliki tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter. Selain itu, area gawang pun sudah ditentukan panjang dan lebar standar yang harus dipenuhi, yaitu untuk panjang area gawang 18,32 meter serta lebar area gawang 5,5 meter disetiap kanan dan kiri gawang.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved