6 Peralatan Muay Thai Yang Harus Kamu Miliki

Muay thai adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan tendangan, lutut, siku, dan pukulan yang kuat dengan tujuan untuk menjatuhkan lawannya. Olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang cukup keras dan berkeringat. Sama halnya dengan pertandingan olahraga bela diri lainnya, dalam pertandingan muay thai juga diperlukan beberapa perlengkapan guna mencegah terjadinya cedera serius. Berikut adalah peralatan wajib yang digunakan untuk mencegah terjadinya cedera serius.

Hand Wraps

Hand Wraps

Hand wraps adalah istilah untuk melindungi tangan dan menghindari pergeseran tulang saat melakukan pukulan. Nantinya tangan dan pergelangan tangan kamu akan dililit oleh kain panjang. Nah inilah yang dinamakan hand wraps.

Terdapat dua jenis hand wrap yaitu jenis Meksiko dan tradisional. Hand wrap Meksiko adalah kain yang terbuat dari kombinasi material kapas semi-elastik dan spandex. Sedangkan hand wrap tradisional adalah hand wrap yang umumnya terbuat dari kapas tenun.

Sarung Tinju

Sarung Tinju

Selain hand wraps sarung tinju juga berfungsi untuk melindungi kedua tanganmu dari cedera. Selain itu sarung tinju juga berfungsi untuk meminimalisir cedera yang akibat pukulan yang dilancarkan olehmu ke lawan. Terdapat dua jenis sarung tinju yaitu sarung tinju yang digunakan saat bertarung dan sarung tinju yang digunakan untuk memukul samsak.

Sarung tinju untuk samsak memiliki bahan yang lebih tipis karena ditujukan agar kamu dapat memukul lebih cepat dan dapat melakukan pemanasan lebih efektif. Sedangkan sarung tinju untuk bertarung memiliki bahan yang lebih tebal dan besar karena untuk melindungi tangan dari benturan lawan.

Mouthguard Atau Pelindung Mulut

Mouthguard

Mouthguard adalah alat yang berfungsi untuk melindungi mulutmu khusunya gigi akibat serangan yang dilancarkan oleh lawan. Di pertandingan tingkat profesional, sebagian besar petarung mendapatkan mouth guard khusus yang disesuaikan dengan struktur mulut dan gigi mereka.

Ankle Wrap

Ankle Warps

Ankle wrap adalah istilah peralatan yang digunakan untuk melindungi kaki. Ankle wrap mampu melindungi kaki dengan baik dan menawarkan sendi sedikit lebih nyaman saat mereka bergerak. Selain itu ankle wrap juga berfunsi untuk meminimalisir terjadinya keseleo pada pergelangan kaki.

Baca Juga :

Groin Guard

Groin Guard

Groin guard adalah alat yang digunakan untuk melindungi daerah sensitif khususnya pria. Dalam beladiri manapun tak terkecuali muay thai, bisa saja atlet secara sengaja ataupun tidak sengaja serangan yang dilancarkannya mengarah ke arah yang tidak seharusnya. Bahkan pria paling tanggung sekalipun akan terlihat tidak berguna jika bagian sensitifnya terkena benturan yang keras.

Shin guard

Shin Guard

Shin guard adalah peralatan untuk menambahkan lapisan pelindung yang tebal ke bagian atas kaki, tulang kering, dan punggung kakimu. Menggunakannya berarti kamu dapat berlatih tendangan dengan cukup keras sementara kamu dan lawan tidak merasakan tendangan yang keras. Biasanya shin guard ini dipakai pada sesi sparring dan latihan teknik.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved