Kun Fu : Sejarah, Pengertian, Teknik, Dan Peraturan

Kung fu adalah seni bela diri yang berasal dari negeri Tirai Bambu, China. Kung fu adalah seni bela diri yang mengolah dimensi spiritual. Kata kunfu sendiri memiliki arti persiapan yang matang. Dalam hal ini persiapan matang bukan hanya persiapan untuk bela diri saja, tapi persiapan dalam hal konsentrasi, kedisiplinan dan lain lain.

Kung fu mungkin salah satu seni bela diri yang paling terkenal karena banyak film terkenal yang menggunakan unsur kung fu di dalamnya, salah satunya Kung Fu Hustle. Dalam kung fu terdapat berbagai bentuk kungfu, seperti shaolin kung fu, baguazhang, wing chun, tai chi, xing yi dan bei pang tang lang. Setiap bentuk kungfu memiliki prinsip dan tekniknya sendiri.

Sejarah Kung Fu

Sejarah Kung Fu

Bodhi Dharma, adalah tokoh utama dari terbentuknya seni bela diri kung fu. Bodhi Dharma adalah seorang pendeta spiritual yang berasal dari India yang bertapa selama Sembilan tahun di Kuil Shaolin. Pada suatu hari, sang pendeta spiritual tersebut melihat para biksu di kuil tersebut terlihat lesu, lemas, dan bosan karena pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti.

Setelah itu, Bodhi Dharma memutuskan untuk membuat para bhiksu yang awalnya lemas menjadi bugar dan semangat. Lalu Bodhi Dharma mengajarkan kepada mereka senam asal India yang disebut dengan 18 jurus senam penyehat tubuh. Hasilnya para biksu yang awalnya lemas menjadi bugar dan semangat.

Namun, seiring berjalannya waktu, 18 jurus senam penyehat tubuh tersebut mulai jarang dilakukan bahkan tidak sama sekali karena sang pendeta spiritual Bodhi Dharma sudah meninggal dunia. Tak lama setelah itu, seorang bhiksu ahli bela diri yang masih sangat muda tinggal di kuil Shaolin. Dia menggabungkan dan mengembangkan 18 jurus senam penyehat tubuh dengan bela diri miliknya yang bertambah menjadi 72 jurus, hingga tersebutlah nama Kung fu Shaolin.

Seiring berjalannya waktu, kung fu shaolin semakin berkembang dan populer di China. Kung fu semakin berkembang hingga ke seluruh dunia, sampai dibentuknya IKF (International Kung Fu Federation) pada tahun 2003.

Pengertian Kung Fu

Kung fu adalah seni beladiri asal China yang dapat digunakan dengan tangan kosong, tongkat, pedang, dan berbagai alat lainnya. Sama seperti dengan beladiri lainnya, kung fu pun bertujuan untuk melindungi diri dan menyerang. Kung fu juga bisa dilakukan untuk sebuah pertunjukan contohnya seperti Chef Muto yang kerap melakukan aksi-aksi kungfu dengan beragam atraksi mengagumkan di tengah tengah ia sedang memasak.

Teknik Dasar Kung Fu

Teknik Kung Fu

Terdapat 4 teknik dalam kung fu, yaitu teknik tapak buda, teknik tangkisan, teknik kuda kuda dan teknik tendangan. Berikut penjelasannya.

Teknik Tapak Buda

Teknik ini merupakan teknik pamungkas sekaligus tertinggi dalam kungfu. Teknik handalan ini merupakan teknik yang sangat sering digunakan dalam kung fu.

Tak sembarangan orang yang dapat melakukan teknik yang satu ini, perlu latihan yang serius untuk teknik yang satu ini. Cara melakukan Teknik tapak budha menggunakan aliran tenaga dalam yang tinggi. Sehingga diharuskan memiliki keahlian dan konsentrasi tingkat tinggi.

Teknik Tangkisan

Teknik tangkisan adalah teknik yang digunakan untuk menangkis serangan lawan dengan menggunakan tangan. Dibutuhkan kecermatan dan konsentrasi yang tinggi dalam mengamati gerakan lawan dan menangkis serangan lawan. Ketika seseorang dapat menguasai teknik ini maka akan meningkatkan gerak refleks dalam proses menyerang lawan.

Teknik Kuda Kuda

Teknik kuda-kuda adalah teknik yang digunakan saat permulaan dalam menyerang lawan. Cara melakukan teknik ini adalah membuka kedua kaki dan turunkan badan hingga lutut membentuk sudut 90 derajat. 

Baca Juga :

Sambil secara perlahan mengambil nafas dalam dan menghembuskan pelan. Stabilkan badan dan fokuskan pikiran. Atur kedua tangan sambil tetap tenang dan fokus. Dengan menguasai teknik ini, maka seseorang dapat mengontrol tenaga dan juga jarak untuk melakukan berbagai teknik lainnya.

Teknik Tendangan

Teknik tendangan adalah teknik yang digunakan untuk mengalahkan lawan. Namun, teknik tendangan untuk kung fu harus dilakukan dengan tenang sekaligus cekatan dalam melayangkan tendangan pada lawan.

Peraturan Kung Fu

  1. Harus menghargai dojo, dengan cara membungkuk ketika masuk atau keluar dojo.
  2. Menghotmati instruktur. Tundukkan setiap kali kita melihat mereka, masuk atau keluar dari dojo.
  3. Loyalitas kepada klub, seni, dan instruktur.
  4. Kenakan seragam yang tepat saat latihan.
  5. Tidak makan, mengunyah, merokok di dalam dojo.
  6. Tidak berbicara, bercanda, tertawa ketika dalam sesi.
  7. Amati moralitas, bawa nama baik ke seni dan klub.
  8. Jadilah rendah hati.
  9. Praktekkan kesabaran, kesopanan dan keberanian.
  10. Tidak ada perdebatan, kecuali mengawasi.
  11. Lepaskan semua perhiasan selama latihan.
  12. Dilarang memiliki kuku tangan dan kaki yang panjang.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved