Muay Thai : Pengertian, Sejarah, Teknik, Dan Peraturan

Di dunia ini, terdapat berbagai jenis olahraga bela diri yang saat ini bisa kita kenal salah satunya muay thai. Sebelumnya, muay thai disebut sebagai muay boran atau tinju kuno. Muay thai adalah olahraga bela diri asal negeri Gajah Putih, Thailand.

Muay thai sekilas mirip seperti kick boxing. Nyatanya terdapat perbedaan diantara keduanya yaitu jika di kick boxing hanya boleh menggunakan tangan dan kaki, sedangkan untuk muay thai tak hanya mengandalkan tangan dan kaki saja, siku dan lutut juga diperbolehkan digunakan untuk menyerang lawan.

Pengertian Muay Thai

Muay thai adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand yang mengandalkan tendangan, lutut, siku, dan pukulan yang kuat dengan tujuan untuk menjatuhkan lawannya.

Sejarah Muay Thai

Sejarah Muay Thai

Awal mula muay thai berawal dari abad ke 12 M, tepatnya di kerajaan thai. Kala itu, terdapat peperangan yang menyebabkan kerajaan Thailand kekurangan pasokan senjata. Karena itu, para prajurit Thailand berinisiatif untuk mempelajari seni bela diri muay boran.

Perlahan lahan gerakan gerakan dari muai boran sedikit berubah. Sehingga seni bela diri yang bernama muay boran tersebut diganti menjadi muay thai yang dikenal hingga sekarang. Muay thai dulu dapat digunakan untuk berperang dan hal kekerasan lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, muay thai dapat dijadikan sebagai salah satu media hiburan dan olahraga.

Pada perang dunia kedua, prajurit Thailand banyak dikirimkan ke berbagai negara negera eropa. Disini para prajurit eropa mulai tertarik dan mulai mempelajari bela diri yang diperlihatkan oleh prajurit Thailand. Seiring berjalannya waktu, muay thai semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat dunia.

Pada akhirnya dibentuklah IFMA (International Federation of Muaythai Amateur) pada tahun 1993 yang bertempat di Bangkok, Thailand. Tujuan untuk dibentuknya organisasi ini adalah untuk dapat mengatur segala perihal muay thai di dunia.

Teknik Dasar Muay Thai

Teknik Dasar Muay Thai

Seperti halnya dengan olahraga seni bela diri lainnya, muay thai juga memiliki teknik yang harus dikuasai agar dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Teknik Memukul

Dalam muay thai terdapat 4 teknik memukul yaitu, jab, hook, strike, dan upper cut.

  1. Jab : cara meninju secara lurus ke daerah wajah atau bagian tubuh lainnya.
  2. Hook : cara meninju daerah wajah atau bagian tubuh samping lawan.
  3. Strike : cara melancarkan tinjuan secara lurus setelah melakukan hook (pukulan yang dilancarkan lebih bertenaga).
  4. Upper cut : cara melakukan tinjuan dari bawah ke atas dengan sasaran dagu.

Teknik Menendang

Sama seperti teknik memukul, dalam teknik menendang juga terdapat 4 teknik menendang yaitu low kick, middle kick, high kick, dan push kick.

  1. Low kick : adalah teknik menendang yang dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke bawah.
  2. Middle kick : adalah teknik menendang untuk menyerang daerah pinggang ke atas.
  3. High kick : adalah teknik menendang untuk menyerang daerah kepala lawan.
  4. Push kick : adalah teknik menendang untuk menjatuhkan lawan dan mengambil jarak.

Teknik Mendengkul

Terdapat 3 teknik mendengkul yaitu hook knee, upper cut knee, dan circle knee.

  1. Hook knee : cara mendengkul daerah tubuh bagian samping lawan.
  2. Upper cut knee : cara mendengkul lawan dengan mengambil ancang – ancang dari bawah ke atas dengan dagu sebagai target.
  3. Circle knee : cara memutar anggota tubuh dan tenaga dipusatkan pada area lutut atau dengkul. Selanjutnya lakukan serangan pada tubuh bagian samping. Target serangan yang diperbolehkan adalah rusuk serta kaki musuh bagian paha.

Teknik Menyikut

Terdapat 5 teknik menyikut yaitu sikutan vertikal, sikutan horizontal, fllying smashing elbow, upper cut elbow, dan smashing elbow.

  1. Sikutan vertikal : cara menyikut dari atas ke bawah.
  2. Sikutan horizontal : cara menyikut dari samping.
  3. Flying smashing elbow : melakukan lompatan terlebih dahulu sebelum menyikut.
  4. Upper cut elbow : cara menyikut dari bawah ke atas.
  5. Smashing elbow : cara melakukan sikutan dari atas ke bawah.

Teknik Memiting

Teknik memiting adalah gerakan mengunci yang dilakukan dengan cara memiting sebagai upaya untuk menjatuhkan kepala lawan sebelum melemparkannya. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan cara memegang badan lawan, leher dan kepalanya. Setelah lawan tidak lagi seimbang, maka barulah serangan bisa di lancarkan dengan berbagai variasi.

Baca Juga :

Teknik Dorongan Kaki

Dalam muay thai teknik dorongan kaki adalah salah satu teknik yang sering dipakai untuk bertahan dari serangan lawan. Saat ingin melakukan dorongan kaki, harus dilakukan dengan cepat namun tidak boleh berlebihan. Tujuannya adalah membuat lawan kehilangan keseimbangannya. Jika lawan sudah kehilangan keseimbangan, maka ia akan mudah terjatuh.

Teknik Block

Teknik yang satu ini adalah teknik yang harus dipelajari, karena teknik ini bertujuan untuk dapat menangkis serangan tendangan lawan yang biasanya diarahkan ke bagian rusuk. Teknik ini juga dapat membantu kita untuk melindungi bagian rahang, ketika lawan menyerang bagian tersebut . Block biasanya dilakukan dengan menggunakan kaki, tangan dan terdapat juga istilah block out yang seluruhnya bisa dilatih demi gerakan muay thai yang sempurna.

Peraturan Pertandingan Muay Thai

  1. Terdapat empat kelas pertandingan, mulai dari kelas C hingga FTR (Full Thai Rules) untuk kelas C durasi pertandingan 3 x 2 menit, untuk kelas B durasi pertandingan 5 x 1,5 menit, untuk kelas A durasi pertandingan 5 x 2 menit, untuk FTR durasi pertandingan 5 x 3 menit.
  2. Pertandingan dewasa di Thailand hampir semua memakai peraturan kelas A, sedangkan kelas B dan C digunakan di negara Eropa atau Amerika.
  3. Memiliki nilai maksimum 10 pada setiap ronde, dan pemenang setiap rondenya mendapat nilai 10, yang kalah mendapatkan nilai 9,8 atau 7.
  4. Teknik yang memperoleh poin adalah teknik yang efektif atau berhasil membuat lawan kehilangan keseimbangan.
  5. Pemain boleh membanting lawan ke kanvas, menyerang sampai lawannya balik badan dari penyerang.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved