7 Manfaat Muay Thai Bagi Kesehatan Tubuh

Tak hanya sebagai seni beladiri, muay thai juga dapat memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh. Berbagai gerakan dalam latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan sistem kardiovaskuler. Muay thai juga sering kali dikatakan sebagai kick boxing. Padahal terdapat perbedaan diantara keduanya yaitu jika di kick boxing hanya boleh menggunakan tangan dan kaki, sedangkan untuk muay thai tak hanya mengandalkan tangan dan kaki saja, siku dan lutut juga diperbolehkan digunakan untuk menyerang lawan. Seperti yang disebutkan sebelumya, muay thai juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh yaitu.

Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung

Muay thai termasuk kedalam olahraga dengan intensitas tinggi. Jenis olahraga ini dapat memicu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat distribusi oksigen, nutrisi, dan darah menjadi lebih lancar. Dengan melakukan latihan secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan-tekanan besar tersebut dan sekaligus meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular.

Memperkuat Otot Kaki

Memperkuat Otot Kaki

Menendang adalah gerakan yang dominan dilakukan dalam muay thai. Secara tidak sadar ketika menedang dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah dan kaki. Jika secara rutin dilakukan akan berdampak baik pada daya tahan otot kaki, kekuatan, kelincahan, dan bisa membentuk betis agar lebih kuat.

Menyegarkan Tubuh

Tubuh Sehat

Seiring bertambahnya usia, maka imunitas kita juga akan semakin menurun. Muay thai bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat tubuh lebih segar dan sehat di usia yang semakin bertambah. Gerakan-gerakan dalam muay thai juga akan membantu mengembangkan aspek lain dari kebugaran, seperti fleksibilitas dan fungsi motorik.

Meningkatkan Fleksibilitas Pinggul

Fleksibilitas Pinggul

Fleksibilitas pinggul akan terlatih saat kamu melakukan gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut. Memiliki pinggul yang sehat dan ramping akan berdampak baik pada kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental

Gerakan muay thai seperti menendang dan memukul mungkin dapat menjadi pelampiasan untuk melepas stress. Selain itu, olahraga ini juga dapat merangsang produksi hormon endorfin. Ketika hormon tersebut terus diproduksi oleh tubuh, maka dapat membantu mengurangi depresi, kecemasan, dan stres karena peningkatan suasana hati yang signifikan. Selain itu muay thai juga dapat menjadi sarana bersosialisasi dengan teman seperguruan dan membicarakan hal hal yang konyol untuk melepas stress.

Baca Juga :

Dapat Meningkatkan Stamina Tubuh

Stamina Tubuh

Dengan gerakan yang memadukan teknik sapuan kaki, tendangan, lompatan, pukulan, dan teknik siku membuat massa otot kita bertambah. Dengan melakukan olahraga muay thai secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Berat Badan Turun

Tak semuanya, namun rata rata yang namanya olahraga pasti memiliki kemungkinan untuk menurunkan berat badan ketika dilakukan secara rutin tak terkecuali muay thai ini. Ketika melakukan kegiatan muay thai selama 30 menit dapat membakar kalori dalam tubuh sekitar 360 kalori.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved