7 Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Dipelajari

Seperti yang kita ketahui, sepak bola merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 pemain di masing masing timnya. Olahraga sepak bola dilakukan dalam dua babak, setiap babak terdiri dari 45 menit. Tak dapat dipungkiri bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling dipopuler di dunia, bahkan bisa dibilang terpopuler di Indonesia.

Dalam pertandingan sepak bola, tim yang mencetak gol terbanyak keluar sebagai pemenang. Untuk mendapatkan kemenangan tentu harus menendang bola ke gawang musuh. Namun, untuk mendapatkan kemenangan ada teknik teknik yang harus dipelajari yang akan membantumu ketika bermain bola.

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik menggiring bola atau dribbling merupakan teknik yang dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kakimu sekaligus mengontrol lajunya bola. Teknik dasar dribbling dibagi menjadi dua jenis, yaitu speed dribbling dan closed dribbling.

Speed dribbling merupakan teknik yang membutuhkan fokus yang tinggi dan cepat dalam melakukannya. Teknik ini nantinya pemain akan menendang bola kearah depan, kemudian ia akan mengejar dengan cepat bola tersebut. Sedangkan closed dribbling merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan saksama, dan dapat dilakukan ketika kamu sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.

Teknik Mengumpan Bola (Passing)

Teknik Mengumpan Bola (Passing)

Teknik mengumpan bola atau passing merupakan teknik mengumpan bola ke teman satu tim. Teknik ini bisa dilakukan dengan operan pendek, panjang, atau jauh (umpan lambung). Untuk memulainya, badan harus menghadap bola kemudian fokuskan pandangan ke rekan yang hendak kamu berikan operan lalu tarik dan ayunkan kaki untuk menendang bola.

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik ini berguna untuk menendang bola ke gawang musuh dan mencetak skor untuk tim. Seorang pemain yang melakukan shooting harus dengan tepat dan disertai tingkat akurasi yang tinggi. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi bagian dalam, dan menggunakan ujung kaki. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menggunakan ujung kaki.

Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik ini biasa dilakukan jika bola berada di atas kepala. Teknik ini juga bisa kamu lakukan untuk memasukan bola ke gawang musuh. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu memposisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menuju bola. Kemudian, gunakan lah dahimu untuk menyundul agar kamu dapat mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Teknik merebut bola atau intercepting merupakan teknik untuk merebut bola yang sedang dibawa oleh lawan. Untuk melakukan teknik ini, pemain perlu membaca arah gerakan lawan dan bola untuk bisa merebutnya. Namun teknik ini memiliki resiko. Jika kamu salah mengambil langkah, kamu dapat terkena kartu kuning atau merah karena menendang kaki lawan bukan merebut bola.

Baca Juga :

Teknik Menghentikan Bola

Teknik Menghentikan Bola

Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola yang dioper padamu. Dalam teknik ini, dapat menggunakan banyak anggota tubuh. diantaranya dengan menggunakan kaki, paha, dada, kepala, dan perut.

Pada bagian kaki, seorang pemain dapat menghentikan bola menggunakan beberapa bagian. Bagian tersebut adalah kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Teknik menghentikan bola yang dilakukan dengan paha biasanya karena operan bola yang diterima dari jarak jauh.

Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

Teknik ini merupakan teknik pertahanan terakhir dalam tim sepak bola. Teknik ini berguna untuk menangkap bola dari lawan yang sudah membobol pertahanan tim. Untuk menguasai teknik ini, kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved