Cara Bermain Olahraga American Football (Sepak Bola Amerika)

Olahraga American Football adalah olahraga yang paling populer dan juga merupakan olahraga kebanggaan di Amerika Serikat. Olahraga American Football dimainkan di atas lapangan rumput berbentuk persegi panjang dan dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 pemain dimasing masing timnya.

Olahraga gabungan antara sepak bola dan rugby ini kurang populer di Indonesia. Tapi bagi kamu yang tertarik dengan olahraga yang satu ini dan memainkannya tapi tidak tau caranya. Berikut merupakan cara bermain olahraga American Football.

Cara Bermain American Football

Sama halnya dengan sepak bola, pada awal setiap pertandingan terdapat lemparan koin untuk memutuskan tim mana yang mendapatkan bola lebih dulu dan sisi lapangan mana yang ingin mereka mulai.

Dalam satu tim terbagi menjadi dua grup, yaitu tim penyerang dan tim bertahan. Tim penyerang bertugas mencetak poin dengan melakukan touchdown atau field goal. Sedangkan tim bertahan bertugas mencegah tim serang lawan untuk mencetak poin.

Lapangan American Football

Perhatikan gambar diatas, anggap saja bahwa wilayah nomor 50 itu adalah tempat untuk team penyerang dan nomor 40 untuk tim bertahan lawan. Tim penyerang bertugas untuk menerobos pertahanan lawan yang berada di nomor 40 dan seterusnya sampai mencapai end zone yang berwarna hijau tua.

Jika berhasil menerobos pertahanan pertama, maka nomor 40 yang sebelumnya merupakan tempat tim bertahan lawan menjadi tempat untuk team penyerang, hal tersebut akan berlanjut hingga ke end zone. Jika dalam 4 percobaan tim penyerang gagal mencapai/melewati pertahanan lawan maka otomatis bola akan berpindah ke tim lawan dan serangan berbalik arah.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Skor

Cara Mendapatkan Skor

Cara mendapatkan skor dalam olahraga American Football terdiri dari 3 yaitu:

Touchdown : Ketika tim penyerang berhasil membawa atau menangkap bola memasuki daerah end zone lawan akan meraih meraih 6 poin.

Field Goal : Ketika bola ditendang memasuki gawang yang ada di wilayah end zone lawan.

Extra Point : Ketika berhasil mencetak touchdown, tim akan memperoleh extra point, tim memiliki pilihan untuk menendang bola ke gawang dan memperoleh 1 poin tambahan atau mencetak touchdown kembali dan memperoleh 2 poin tambahan.

Waktu Pertandingan

Permainan American Football dilakukan selama 60 menit yang terbagi menjadi 4 babak, setiap babak terdiri dari 15 menit. Setelah 2 babak, permainan dihentikan untuk istirahat paruh waktu (half-time). Di akhir setiap babak, tim menyerang dan bertahan bertukar posisi lapangan. Dalam American football tidak mengenal injury time. Ketika bola tidak dimainkan, waktu pertandingan dihentikan.

Apabila pertandingan berakhir seri dilakukan perpanjangan waktu selama 15 menit (overtime) dengan sistem sudden death, apabila skor tetap sama setelah waktu overtimeberakhir, pertandingan diakhiri dengan seri.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved