Sejarah Singkat Olahraga American Football (Sepak Bola Amerika)

Di Indonesia, olahraga American Football mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. American Football merupakan olahraga yang paling populer di Amerika Serikat. American Football juga merupakan olahraga kebanggaan negeri yang memiliki julukan Paman Sam. American Football dipertandingkan di atas lapangan rumput berukuran 53 yards x 100 yards (43,9 m x 91,2 m). Sama seperti sepak bola, olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 pemain di masing masing timnnya.

Sekilas olahraga ini mirip dengan sepak bola yang kita kenal. Namun selain cara bermainnya, bola yang digunakan diantara kedua olahraga tersebut pun berbeda. Jika pada sepak bola, bola yang digunakan berbentuk bulat sedangkan untuk american football berbentuk oval.

Sejarah Singkat American Football

Sejarah American Football

Olahraga ini merupakan gabungan antara Sepak bola dan rugby. Didirikan di New Jersey pada tahun 1869, Olahraga ini mulai dikenal oleh masyarakat pada tanggal 6 November 1869 dimana Rutgers menghadapi New Jersey. Sebenarnya, orang orang Yunani kuno sudah memainkan olahraga ini. Pada saat itu olahraga ini bernama Episkyros dimana mereka melempar bola melampaui "scrimmage" (Lini tengah).

Pada pertandingan yang dilaksanakan pada tahun 1869 tersebut, peraturannya masih sangat mirip dengan Sepak bola yang dimana cara mencetak poinnya yaitu dengan menendang bola ke gawang lawan. Awalnya olahraga ini dimainkan oleh 15 pemain untuk setiap timnya, namun pada tahun 1880 pemain untuk setiap timnya dikurangi menjadi 11 pemain.

Baca Juga :

Seiring berjalannya waktu, banyak perubahan peraturan lainnya seperti ukuran lapangan, waktu bermain, cara bermain dan lain sebagainya, yang diubah agar tidak menyerupai olahraga rugby.

Pada awal abad ke-20, tim-tim profesional mulai bermunculan di kota kota yang terletak di kawasan Pennsylvania dan American Midwest. Setelah itu, Liga Nasional Sepak bola Amerika (NFL) didirikan di kota Canton, Ohio pada tahun 1920. Liga profesional sepak bola Amerika terus bertahan sebagai olahraga paling populer nomor dua di Amerika Serikat hingga setelah Perang Dunia II.

Tayangan televisi berhasil menarik perhatian publik terhadap liga profesional American Footbal. Pada sekitar tahun 1960, pertandingan liga profesional akhirnya mengalahkan kepopuleran pertandingan baseball dan sepak bola di Amerika Serikat. Pertandingan Super Bowl yang pertama antara juara NFL dan juara dari AFL berlangsung tahun 1967, dan berakhir pada bergabungnya kedua liga pada tahun 1970.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved