7 Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Kebugaran jasmani adalah kebutuhan yang harus terpenuhi agar dapat menjalankan segala aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik. Dengan memiliki kebugaran jasmani, maka tubuh dapat beraktivitas dengan lancar dan penuh stamina. Di waktu senggang banyak orang yang keluar rumah sambil melakukan jogging dan menikmati pemandangan sekitar.

Namun jika kamu sedang tidak ingin jogging diluar maka kamu dapat menggunakan treadmill. Treadmill merupakan peralatan olahraga yang banyak digunakan sebagai pilihan olahraga dirumah atau dalam ruangan. Treadmill dapat digunakan untuk berjalan cepat, jogging, dan berlari.

Berlari menggunakan treadmill memiliki keunggulannya tersendiri dibandingkan berlari di luar ruangan. Jika berlari diluar ruangan, akan memiliki kemungkinan untuk menghirup polusi udara dan terkena radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit seperti kanker. Tanpa repot repot keluar rumah, kamu dapat mendapatkan berbagai manfaat saat berolahraga di atas treadmill.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu ingin menurunkan berat badan tapi tidak ingin keluar rumah maka treadmill solusinya. Di awal awal kamu mungkin akan cepat merasa lelah, namun lama kelamaan tubuh akan beradaptasi sehingga tidak mudah lelah. Semakin lama dan cepat kamu berlari di atas treadmill maka akan semakin cepat pula kalori yang terbakar dalam tubuh dan semakin mudah untuk menurunkan berat badan.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Penyakit seperti, seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan berlari di atas treadmill. Dengan rutin olahraga treadmill dapat menurunkan kadar lemak darah pada pasien diabetes. Bahkan, menurut penelitian, latihan treadmill dapat menurunkan kemungkinan berkembangnya proses radang kronis terkait Diabetes Mellitus Tipe-2.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Berlari di atas treadmill juga termasuk kedalam jenis olahraga kardio. Dengan rutin berlari di atas treadmill terbukti mampu memperlancar sirkulasi darah, mencegah penyumbatan arteri, sekaligus mengatur tekanan darah. Pada akhirnya, ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Membentuk dan Memperkuat Otot

Olahraga treadmill dapat membantu membentuk dan memperkuat otot tubuh diantara lainnya yaitu otot kaki, perut, punggung, bokong, paha, dan lengan. Saat berlari diatas treadmill, pastikan untuk selalu mempertahankan postur tubuh. Hal ini akan melatih otot inti tubuh secara menyeluruh sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga :

Meningkatkan Kesehatan Otak

Meningkatkan Kesehatan Otak

Ketika berlari di atas treadmill, maka denyut jantung akan meningkat dan kemudian mendorong pergerakan darah yang membawa oksigen ke otak. Hal ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan fungsi dan memperkuat jaringannya.

Menjaga Kesehatan Paru Paru

Dengan berlari secara rutin menggunakan treadmill, paru-paru kamu akan menjadi semakin terlatih dan semakin kuat, sehingga paru-paru kamu dapat bekerja secara lebih efisien.

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental

Sebuah penelitian membuktikan bahwa berlari diatas treadmill selama 30 menit mampu menurunkan tingkat depresi dan berdampak secara signifikan terhadap suasana hati seseorang. Ketika berlari di atas treadmill, maka sistem saraf dalam tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia sehingga mencegah terjadinya depresi.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved