Manfaat Olahraga Malam Beserta Efek Sampingnya

Secara umum, olahraga adalah suatu kegiatan yang melibatkan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun secara rohani. Di era modern ini olahraga merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan manusia.

Tidak dapat bangun pagi atau memiliki kesibukan di pagi hari bukanlah hal yang dapat menghalangi berolahraga. Kamu dapat berolahraga pada sore hari bahkan di malam hari. Waktu terbaik untuk berolahraga di malam hari yaitu dari jam 18:00 hingga 20:00. Olahraga malam juga memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan olahraga pagi. Berikut manfaat yang didapat pada berolahraga malam.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa olahraga malam dapat membuat tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur lebih baik. Hal ini karena olahraga malam dapat membuat seseorang merasa lelah, sehingga mudah terlelap dan tidak sering terbangun dari tidurnya.

Dapat Menenangkan Pikiran

Dengan berolahraga di lama hari dapat memberikan manfaat untuk menenangkan pikiran. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan semua kekhawatiran dan rasa cemas dalam otak, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Berolahraga di malam hari juga dapat membantu tubuh melepas hormon endorfin yang dapat memperbaiki mood sekaligus mencegah stres di kemudian hari.

Meningkatkan Pencernaan

Meningkatkan Pencernaan

Berolahraga dimalam hari dengan intensitas rendah seperti berjalan dan yoga dapat membantu melancarkan pencernaan. Sebuah penelitian membuktikan mengatakan bahwa berjalan kaki selama 15 menit setelah makan bisa meredakan kembung.

Meningkatkan Performa Olahraga

Pada saat dimalam hari maka paru paru dan metabolisme tubuh akan bekerja lebih baik, sehingga dengan berolahraga di malam hari dapat meningkatkan performa saat melakukan aktivitas fisik jika dibandingkan dengan olahraga pagi.

Efek Samping Olahraga Malam

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, berolahraga malam juga memiliki efek sampingnya. Salah satunya adalah tidak disarankan untuk berolahraga 1 jam sebelum tidur karena akan mengakibatkan susah tidur. Kondisi ini disebabkan oleh suhu dan metabolisme tubuh yang meningkat setelah berolahraga, sehingga membuat tubuh tetap terjaga.

Selain itu, tidak dianjurkan juga untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang.

Rekomendasi Olahraga Yang Dapat Dilakukan Dimalam Hari

Berolahraga dimalam hari memang memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan berolahraga dipagi hari. Namun untuk berolahraga dimalam hari, tidak sembarang jenis olahraga yang dapat dilakukan dimalam hari. Seperti yang disebutkan sebelumnya, disarankan untuk berolahraga dengan intensitas rendah hingga sedang dimalam hari. Berikut rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan dimalam hari.

Jalan Kaki

Jalan Kaki Dimalam Hari

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dengan olahraga jalan kaki juga dapat menikmati suasana dimalam hari. Manfaat dari olahraga jalan kaki yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, memperbaiki suasana hati, memperkuat otot paha dan betis, dan masih banyak lagi.

Plank

Plank adalah olahraga yang bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh, memperkuat otot inti perut dan lengan serta kaki. Cara melakukan plank yaitu, pertama tama mengambil posisi berbaring seperti ingin melakukan push up. Tekuklah siku kamu hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, tahanlah badan kamu dengan menggunakan kedua telapak tangan sampai pada bagian siku yang membentuk sudut tadi.

Baca Juga :

Waktu pertama kali kamu melakukan plank, kamu dapat memulainya selama 30 detik. Jika melakukannya secara rutin maka lama kelamaan waktunya akan semakin bertambah dan manfaat yang didapatpun akan maksimal.

Peregangan

Jika kamu tidak ingin keluar rumah dimalam hari, maka olahraga yang satu ini cocok menjadi pilihamu. Kamu dapat melakukan peregangan dalam waktu 30 menit hingga satu jam sebelum waktu tidur.

Awali dengan melakukan teknik pernapasan selama 10 menit untuk membuat seluruh sistem tubuh menjadi rileks. Kemudian, kamu dapat melanjutkannya dengan melakukan peregangan leher, berbaring T twist, teknik cat-cow, child’s pose, dan meletakkan kaki di atas dinding. Dengan melakukan peregangan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kebugaran tubuh.

Yoga

Yoga Dimalam Hari

Jika tidak ada matras, kamu dapat menggunakan kasur sebagai tempat untuk melakukan yoga. Gerakan gerakan yoga dapat membantu tubuh dan pikiranmu menjadi lebih rileks dan juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Child’s pose atau forward fold adalah dua pose mudah dan sederhana yang dapat dicoba.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved