Teknik Teknik Dasar Seni Bela Diri Whing Chun

Whing chun merupakan bela diri yang tidak menggunakan kekuatan. Dengan memusatkan gerakan pada sikut, para pengguna wing chun melakukan gerakan berdasarkan refleks. Whin chun merupakan seni bela diri yang dikenal oleh masyarakat dunia semenjak film Ip Man yang dirilis pada tahun 2008.

Whing chun terbilang merupakan seni bela diri yang unik karena seni bela diri ini berfokus pada pertarungan jarak dekat dengan menggunakan pukulan cepat dan juga tendangan yang bertahan ketat ditambah gerak kaki tangkas yang mempercepat gerakan maju. Sama seperti olahraga lainnya, whing chun juga mempunyai berbagai macam teknik.

Kuda Kuda

Kuda Kuda Whing Chun

Dalam whing chun kuda kuda terdiri dari 3 macam yaitu hang ma di tempat, Hang Ma maju dan mundur satu kaki, dan hang ma ganti kaki. Berikut penjelasannya.

Hang Ma di tempat (One Spot Body Movement Step)

Gerakan yang satu ini sangat berguna karena kita dapat memutar tubuh ke arah lain secara langsung dan juga tidak perlu harus bertukar tempat. Contohnya adalah, ketika kita sedang menghadapi lawan di sebelah kiri, dan ada yang penyerang dari sebelah kanan, kita langsung berpindah ke sebelah kanan, begitu juga masa posisi hadapan dan balik.

Hang Ma maju dan mundur satu kaki (Same Leg Body Movement Step)

Kuda-kuda ini menjadikan para pemain dapat bergerak saat melancarkan serangan. Ketika ingin maju, maka yang maju lebih dulu adalah kaki depan, begitu pula sebaliknya ketika mundur.

Baca Juga :

Hang Ma Ganti Kaki (Change Leg Body Movement Step) atau Biu Ma (thursting step)

Gerakan yang satu ini adalah gerakan yang dapat membuatmu melakukan serangan sekaligus bertahan. Sebetulnya, posisi kaki pun masih ada satu lagi, yaitu posisi satu kaki saja yang berdiri, akan tetapi posisi ini kebanyakan hanya digunakan untuk latihan. Padahal sebetulnya, latihan posisi ini cukup penting karena berguna pada saat dalam pertarungan yang tempatnya kurang rata.

Chum kiu

Gerakan chum kiu adalah gerakan bagaimana cara tubuh agar dapat dibawah secara efisien dan tepat. Chum kiu terdiri dari 3 macam yaitu, juun, seer, dan kombinasi tangan kaku dan gerakan tubuh lemas:

  1. Juun : teknik untuk memperhatikan lingkungan disekitar agar dapat melakukan pertarungan secara efektif.
  2. Seer : gerakan yang berfokus untuk membelokkan serangan lawan dan membalikkan energi serangan tersebut.
  3. Kombinasi tangan aku dan gerakan tubuh lemas : gerakan yang satu ini pemain harus berfokus pada daya guna kekuatan bersama dari gerakan tangan dan kaki.

Teknik tinggi

Teknik tinggi ini terdiri beberapa macam yaitu, biu gee, muk yan chon, baat jaam dao, dan luk dim boon kwun. Berikut penjelasannya:
  1. Biu gee : pemain memainkan fokus pada penggunaan kekuatan jarak yang begitu dekat
  2. Muk yan chong : teknik untuk melatih gerakan kaki dan tangan dengan boneka kayu.
  3. Baat jaam dao : teknik paling tinggi dimana pemain berlatih dengan dua senjata berupa pedang yang pendek.
  4. Luk dim boon kwun : teknik memanfaatkan tongkat ketika bertarung dengan lawan

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved