7 Manfaat Olahraga Skipping / Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang cukup sederhana. Olahraga lompat tali dapat dilakukan dimana saja baik di dalam maupun diluar rumah. Meskipun terlihat sederhana, dibalik kesederhanaannya terdapat manfaat yang tidak dapat diremehkan ketika bermain skipping. Olahraga lompat tali juga termasuk olahraga kardio. Yang artinya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan melakukan lompat tali secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat diantaranya.

Membakar Kalori

Membakar Kalori

Seperti yang disebutkan sebelumnya, olahraga lompat tali juga masuk kedalam jenis olahraga kardio. Jika melakukan skipping selama 15 hingga 20 menit akan membakar sekitar 200 hingga 300 kalori. Jika melakukan skipping dengan baik diperkirakan akan membakar kurang lebih 10 kalori di setiap menitnya.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Lompat tali yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang serta kekuatan tulang bagian bawah. Kondisi tulang yang padat dan kuat akan membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian tulang.

Menambah Tinggi Badan

Menambah Tinggi Badan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan skipping akan dapat memperkuat kepadatan tulang bagian bawah, serta mengencangkan otot bagian bawah tubuh. Hal tersebut yang akan membantu pembentukan sel-sel tulang baru agar tubuh dapat bertambah tinggi di masa pubertas.

Mengurangi Cedera Kaki

Dengan melakukan skipping secara rutin akan melatih otot otot kaki agar lebih kuat. Lompat tali juga akan meningkatkan kekuatan pada otot-otot di sekitar sendi pergelangan kaki sehingga mengurangi resiko cedera pada kaki karena keseleo.

Meningkatkan Kemampuan Lompat

Meningkatkan Kemampuan Lompat

Seperti yang kita ketahui, lompat tali atau skipping adalah kegiatan dengan cara melompat tali yang diayunkan dari depan kebelakang secara berulang. Tanpa disadari ternyata olahraga yang satu ini dapat meningkatkan kemampuan lompat.

Bedasarkan penelitian Journal of Environmental Research and Public Health yang dilakukan di tahun 2022, mengungkap bahwa dengan melakukan lompat tali secara rutin selama 8 minggu, dapat meningkatkan performa lompat yang lebih baik.

Baca Juga :

Menjaga Kesehatan Jantung

Lompat tali juga termasuk kedalam olahraga yang bagus untuk jantung. Lompat tali mampu memperbaiki sirkulasi darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan detak jantung.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Lompatan secara terus menerus dalam kecepatan tinggi dapat melatih tubuh kamu tetap seimbang dan tidak terjatuh selama melakukan latihan. Selain itu, koordinasi antara tubuh juga akan semakin membaik. Latihan ini akan membuat otak fokus pada kaki agar melakukan lompatan dengan baik. Otak juga akan membuat tubuh lain lebih seimbang agar gerakan lompat tali dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved