Mengenal Sejarah Dan Teknik Olahraga Rugby

Rugby adalah salah satu permainan bola besar asal Inggris yang sudah ada sejak abad ke-19. Rugby mungkin merupakan salah satu olahraga yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Rugby adalah permainan yang mirip dengan sepak bola namun menggunakan bola yang berbentuk oval yang memiliki panjang 280 - 300 milimeter, dan lebar 580 - 620 milimeter. Cara memainkannya itu dengan membawa bola menggunakan tangan, bukan kaki seperti sepak bola.

Olahraga ini merupakan perkembangan dari permainan sepak bola. Rugby dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 15 orang di masing masing timnya. Olahraga rugby dimainkan di lapangan persegi panjang seperti sepak bola dengan tiang gawang berbentuk huruf H pada masing-masing ujungnya.

Sejarah Rugby

Sejarah Rugby

Olahraga rugby bermula dari seorang pemuda bernama William Webb Ellis yang sedang bermain sepak bola. Kemudian ia tiba tiba mengambil bola dan berlari ke garis gawang tim lawan untuk mencetak skor. Sejak saat itu Rugby terus mengalami perkembangan. Setelah di modifikasi oleh Universitas Cambridge, mereka mulai membuat peraturan baru dan mempopulerkan olahraga Rugby. Pada tahun 1871, Rugby mulai populer di Inggris hingga akhirnya federasi olahraga rugby pertama bernama Rugby Football Union terbentuk di tahun yang sama.

Olahraga rugby memulai debutnya pada ajang Olimpiade di tahun 1900. Meski begitu, cabang olahraga ini sempat tidak diikut sertakan pada tahun 1924. Namun pada akhirnya Rugby kembali ikut serta sebagai cabang olahraga pada Olimpiade di tahun 2016.

Setelah Rugby memulai debutnya di Olimpiade, Rugby mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Namun untuk di Indonesia Rugby tidak sepopuler itu dibandingkan dengan negara negara eropa lainnya pada saat itu.

Teknik Rugby

Teknik Rugby

Berlari (Running)

Berlari adalah keterampilan dasar dan umum, dan jika memiliki skill berlari yang baik maka lawan akan susah mengejarmu untuk merebut bola. Berlari merupakan suatu hal yang penting dalam permainan ketika akan menyerang.

Baca Juga :

Teknik Mengoper (Passing)

Dalam mengoper bola, pemain rugby biasanya akan menggunakan teknik underhand karena cenderung lebih mudah ditangkap. Teknik ini dilakukan dengan memosisikan tangan di bawah bahu untuk melemparkan bola ke teman satu tim.

Ketika kita mengoper, akurasi menjadi hal yang sangat penting diperhatikan, sehingga kita harus memastikan mengoper bola pada ketinggian yang mudah ditangkap oleh teman satu tim.

Menangkap (Catching)

Menangkap bola membutuhkan koordinasi tangan mata yang baik, sehingga kamu harus menjaga konsentrasi dan mampu menangkap bola dengan ujung jari dan menutup tangan saat bola tiba.

Memegang Bola

Karena bola Rugby berbentuk oval yang tidak serupa dengan sepak bola, biasanya sebagian besar pemain memegang bola secara vertikal pada lengan agar lawan lebih sulit untuk menjatuhkan atau merebutnya.

Menendang Bola

Menendang akan selalu menjadi bagian dari permainan, dan belajar melakukannya biasanya ditentukan oleh posisi bermain kita di lapangan. Pemain garis belakang biasanya bertanggung jawab atas tendangan. Karena bentuknya bola yang berbeda, tentu cara menendang bola rugby perlu teknik khusus.

Menekel Lawan

Tekel tentu berguna untuk mencegah lawan untuk mencetak skor. Berbeda dengan sepak bola, Teknik ini dilakukan dengan cara melingkarkan tangan ke pinggang dan menarik tubuh lawan ke tanah. Tetapi dalam melakukannya jangan terlalu berlebihan itu dapat membuat lawan cedera.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved