Peralatan Yang Wajib Dibawa Saat Panjat Tebing

 Panjat tebing adalah kegiatan olahraga yang menarik, menantang, dan memacu adrenalin. Bagi para pecinta petualangan, panjat tebing adalah tempat yang menggoda untuk dijelajahi. Namun, kegiatan ini tidak boleh dianggap remeh, karena keamanan adalah faktor terpenting dalam panjat tebing. Menggunakan peralatan yang tepat adalah salah satu hal yang penting untuk mengurangi resiko dari cedera bahkan kematian. Oleh karena itu, berikut adalah peralatan untuk panjat tebing.

Tali (Rope)

Tali (Rope)

Pastikan untuk menggunakan tali yang kuat dan tahan lama, sesuai dengan standar keamanan. Sebelum mendaki, selalu periksa tali terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kerusakan pada tali. Terdapat dua jenis tali yang umum digunakan yaitu tali top rope (lead rope) dan tali pendakian (dynamic rope).

Carabiner

Carabiner

Carabiner atau climbing clip, adalah peralatan yang berfungsi untuk mengaitkan tali, menghubungkan peralatan, dan mengamankan panjat tebing. Karabiner harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban dan harus diuji secara teratur untuk memastikan alat dalam keadaan baik dan aman digunakan.

Quickdraw

Quick Draw

Klip pengaman atau juga dikenal sebagai quickdraw, adalah peralatan yang terdiri dari dua karabiner yang terhubung dengan seutas tali. quickdraw digunakan untuk menghubungkan tali panjat ke titik anker saat panjat tebing. Klip pengaman memastikan bahwa tali panjat tetap terhubung dengan titik anker yang tepat dan meminimalisir jarak jatuh yang mungkin terjadi saat panjat tebing.

Helm

Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari bebatuan yang jatuh dari atas. Pastikan untuk memilih helm yang tepat dan ukuran yang pas dikepala dan juga sesuai standar keselamatan.

Sepatu Panjat

Sepatu Panjat Tebing

Dalam panjat tebing terdapat sepatu yang dirancang khusus untuk panjat tebing. Sepatu panjang berfungsi untuk memberikan daya cengkeram yang optimal saat memanjat tebing. Sepatu panjat memiliki karet khusus pada bagian bawah untuk meningkatkan daya cengkeram pada permukaan batu.

Harness

Harness Panjat Tebing

Harness adalah sabuk khusus yang berfungsi untuk menghubungkan tali panjat, klip pengaman (quickdraws), cams, friends, atau perangkat pengaman lainnya dapat dihubungkan dengan aman.

Chalk

Chalk adalah serbuk atau cairan yang nantinya digunakan untuk digosokan ketangan yang berfungsi untuk mengeringkan keringat dan meningkatkan cengkeraman tangan saat panjat tebing.

Baca Juga :

Descender

Descender

Descender adalah peralatan yang digunakan untuk mengontrol dan mengatur kecepatan penurunan saat menuruni tebing.

Ascender

Ascender

Ascender adalah peralatan yang digunakan untuk membantu pendaki naik ke atas. Selain itu, Saat pendaki memindahkan berat tubuh ke ascender yang terpasang di tali, ascender akan menggigit tali dan mencegah pergerakan ke bawah, sehingga pendaki dapat naik ke atas.

Webbing

Webbing

Webbing adalah peralatan yang dapat digunakan untuk pengamanan, pengikatan, dan pengaitan peralatan. Webbing biasanya digunakan sebagai pengganti harness.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved