Teknik Teknik Dasar Dalam Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di air. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah berenang dapat diartikan sebagai gerakan badan untuk melintas, mengapung, serta menyelam di air dengan menggunakan kaki dan tangan. Renang juga merupakan aktivitas olahraga yang disukai oleh sebagian besar orang. Sebelum mempelajari gaya-gaya renang, kita harus mempelajari teknik-teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu. Simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Teknik Pernafasan

Teknik Dasar Pernafasan Renang

Teknik pernafasan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam olahraga renang karena kekuatan dan kecepatan seorang perenang sangat dipengaruhi oleh nafas seseorang. Cara untuk melakukan teknik pernafasan adalah pertama-tama berdiri tegak di dalam kolam lalu jongkok, ketika jongkok sebisa mungkin untuk wajah tetap berada di atas permukaan air.

Teknik Meluncur

Teknik Dasar Meluncur Renang

Teknik meluncur merupakan gerakan yang bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh di awal renang. Cara untuk melakukan gerakan tersebut adalah pertama-tama rilekskan badan lalu masuk ke dalam kolam dan berdiri dengan posisi membelakangi dinding dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah. Kemudian posisikan kedua tangan sejajar lurus ke depan dan usahakan kepala masuk ke dalam air dan sejajarkan dengan tangan. Setelah itu, doronglah badan untuk meluncur dengan sekuat tenaga menggunakan kaki.

Teknik Mengapung

Teknik Dasar Mengapung Renang

Teknik ini merupakan teknik yang termasuk tidak mudah bagi para pemula. Tips agar mampu melakukan teknik ini adalah badan harus rileks dan tetap tenang. Karena jika tidak tenang/rileks maka semakin besar kemungkinan untuk tubuhmu tenggelam. 

Baca Juga :

Untuk pemula yang ingin berlatih teknik mengapung kamu dapat melakukannya dengan dua macam cara, yaitu mengapung berdiri atau mengapung telentang.

Mengapung Berdiri.

Untuk melatih kemampuan mengapung berdiri berikut caranya.

  1. Pertama-tama untuk keamanan, pilih kolam renang yang tidak terlalu dalam lalu berdiri di pinggir kolam
  2. Secara perlahan mulailah menyelam dengan tangan berpegangan pada tepi kolam.
  3. Setelah itu, tarik nafasmu dalam-dalam dan coba perlahan dorong badanmu menjauh dari tepi kolam.
  4. Jangan lupa posisikan tangan dan kaki sejajar di permukaan air lalu gerakkan tangan keatas kebawah seperti kepakan sayap dan kaki bergerak seperti gerakan saat melakukan gaya dada.

Mengapung Telentang. 

Untuk melatih kemampuan mengapung terlentang, diusahakan dilakukan dikolam yang sama seperti yang dilakukan sebelumnya. 

  1. Pertama-tama posisikan badan tegak dengan kepala yang menghadap tegak ke atas dan kaki menginjak dasar kolam renang. 
  2. Setelah itu pegang tepi kolam, luruskan kaki, dan pastikan telinga terendam di dalam air dan lakukan cara ini berulang kali sebanyak 10 sampai 15 kali untuk menemukan posisi yang seimbang.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved