10 Macam Cabang Olahraga Air Selain Renang Yang Seru Dan Dapat Dicoba

Seperti yang kita ketahui olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga air. Olahraga air merupakan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dari dalam air seperti renang, diving, dan masih banyak lagi. Olahraga air memiliki manfat seperti meningkatkan stamina dan menguatkan otot-otot tubuh, terutama karena air bertindak sebagai penahan alami. Olahraga ini juga berguna untuk menguatkan tulang dan menjaga kesehatan mental.

Selain olahraga renang, terdapat berbagai macam cabang olahraga air. Berikut merupakan 10 macam cabang olahraga air selain renang.

Renang Indah

Synchronized Swimming

Sedikit berbeda dengan renang pada umumnya, renang indah lebih mementingkan segi artistiknya. Olahraga yang satu ini mengutamakan kelincahan dan teknik pernafasan dalam air. Selain itu, renang indah juga memerlukan kelenturan dan keluwesan saat bergerak dalam air. Sehingga terlihat artistik bagai pertunjukan seni.

Selancar (Surfing)

Surfing

Selancar merupakan cabang olahraga air yang biasanya dilakukan di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan.

Polo Air

Polo Air

Polo air merupakan cabang olahraga air yang dimainkan secara berkelompok. Cara memainkannya sendiri hampir sama dengan sepak bola. Bedanya hanya terdapat di lapangannya saja, polo air dilakukan di kolam renang sendangkan sepak bola dilakukan di lapangan hijau. Setiap tim saling berebut memasukkan bola ke gawang lawan dan jika berhasil akan mendapatkan poin.

Kano

Canoeing

Kano merupakan cabang olahraga air yang memanfaatkan sebuah perahu kecil yang biasanya digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia. Bentuk kano umumnya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya, tetapi bagian ini dapat diberi tutup. Kano yang menggunakan tenaga manusia digerakkan dengan Kayuh.

Paralayar

Parasailing

Paralayar atau Parasailing merupakan sebuah cabang olahraga air yang dimana seseorang akan melayang ke udara dengan menggunakan parasut khusus dengan ditarik oleh sebuah perahu. Sewaktu kendaraan melaju, orang tersebut akan terangkat ke udara. Bahkan, jika kendaraan tersebut cukup kuat, dua atau tiga orang dapat ditarik dan diangkat ke udara sekaligus. Meskipun awalnya dimulai sebagai olahraga air, kegiatan yang sepintas mirip dengan paralayang ini kini mulai juga dilakukan di darat dengan ditarik oleh kendaraan darat.

Baca Juga :

Ski Air

Ski Air

Ski air merupakan cabang olahraga air yang dilakukan dengan cara melintasi perairan dengan berdiri diatas sebuah papan yang ditarik menggunakan perahu. Selain menggunakan sebuah papan olahraga ini juga dapat dimainkan dengan menggunakan tubing. Tujuan penggunaan tubing adalah untuk melatih keseimbangan untuk para pemula.

Arum Jeram

Arum jeram merupakan salah satu cabang olahraga air yang memadukan unsur olahraga, petualangan, edukasi, dan juga rekreasi. Olahraga ini dimainkan dengan memanfaatkan boat karet, dayung, dan kano. Olahraga ini dimainkan dengan beregu, satu regu terdiri dari 4 orang peserta dan 1 pemandu. Kekompakan dan ketaatan dalam regu sangat dibutuhkan dalam olahraga ini. Agar dapat mencapai keberhasilan dan melewati berbagai rintangan yang ada di sungai.

Diving

Diving

Diving atau disebut juga Scuba Diving merupakan kegiatan yang berupa menyelam dengan waktu yang lama di bawah air dengan menggunakan peralatan tertentu. Tujuan dari olahraga ini beragam, mulai dari untuk olahraga, menikmati keindahan bawah air, hingga melakukan penelitian.

Jetski

Olahraga jetski merupakan cabang olahraga air yang berkegiatan mengendarai sepeda motor air yang mengandalkan kecepatan dan keseimbangan. Jetski memang menyenangkan tetapi bermain jetski sebenarnya memang butuh konsentrasi. Inti dari permainan jetski adalah sang pengendara harus mampu menjaga keseimbangan saat melakukan atraksi di air. Selain membutuhkan ombak dalam untuk melakukannya, olahraga air satu ini juga dikenal dengan olahraga yang tidak murah. Sehingga memang cocok bagi orang berkantong tebal.

Snorkeling

Berbeda dengan Diving, snorkeling dapat dilakukan oleh siapapun selama memiliki kemampuan berenang. Sebab, olahraga selam ini hanya dilakukan pada permukaan air. Namun, kamu harus memakai perlengkapan untuk melindungi tubuhmu dari hewan atau tumbuhan laut berbahaya serta trumbu karang yang dapat melukai tubuh.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved