Cara Memasang Sabuk Karate Dengan Baik Dan Benar

Karate merupakan salah satu cabang olahraga seni bela diri yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Kata karate sendiri merupakan kombinasi dari dua kanji (karakter Cina) kara yang berarti kosong, dan te yang berarti tangan. Olahraga ini terinspirasi dari seni bela diri kenpo yang berasal dari Cina. Seni beladiri karate memanfaatkan tendangan, serangan dengan pukulan, serta pertahanan murni menggunakan tangan.

Karate merupakan olahraga yang bertujuan untuk melindungi diri dari ancaman yang bisa datang kapan dan dimana saja. Di Indonesia sendiri, Karate termasuk olahraga beladiri yang cukup diminati oleh sebagian masyarakat selain silat. Di dalam Karate terdapat sabuk yang bertujuan untuk menunjukkan tingkat ilmu beladiri yang sudah dipelajari oleh seorang karateka. Urutan sabuknya sendiri dimulai dari sabuk putih dan berakhir dengan sabuk hitam saat mencapai tingkat tertinggi dalam karate.

Bagi kamu yang baru mulai mempelajari seni beladiri ini, pasti kamu kebingungan bagaimana cara memasang sabuk karate dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan bagaimana cara memasang sabuk karate dengan baik dan benar.

Baca Juga :

Cara Memasang Sabuk Karate Dengan Baik Dan Benar :

  1. Langkah pertama, tekuklah sabuk karatemu menjadi dua dan pastikan memiliki panjang bagian yang sama rata.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memegang sabuk ke depan tubuhmu dan satukan sampai menempel rata. Biasanya untuk sabuk putih, terdapat label di bagian ujungnya. Jika kamu mengganti sabuk, biasanya label tersebut tidak akan terpasang lagi.
  3. Kamu perlu memastikan bahwa sabuk menggantung secara merata dari tengah. Hal ini melambangkan keseimbangan, baik spiritual, teknis dan fisik.
  4. Tekanlah sabuk secara merata di bagian pinggang, hal ini berguna untuk karateka dapat mengontrol tekanan (tangan harus berada di tengah dan pastikan juga sabuk bisa menempel di pinggang dengan benar).
  5. Ikatlah sabuk disekitar pinggang dengan menempatkan bagian tengah sabuk diletakan di bawah pusar.
  6. Setelah sabuk sudah diikat, silangkanlah sabuk atau membuat tanda X di belakang punggung kamu.
  7. Setelah membuat tanda X di belakang, maka putarlah sabuk ke bagian depan lagi.
  8. Selanjutnya, buat lagi tanda X di bagian depan tubuh.
  9. Setelah membuat tanda X di bagian depan tubuh, Selanjutnya, tarik satu ujung ke bawah ikat pinggang dan ujung lainnya ke bawah dan ikat dengan kencang.
  10. Tariklah bagian ujung sabuk bawah sampai ke bagian atas dan melewati tanda silang yang sudah kamu buat.
  11. Langkah terakhir, kamu dapat menyimpulkan sabuk dengan menarik ujung sabuk hingga ke atas dan pastikan bahwa kedua ujungnya ini saling menggantung sama panjang.

Dibalik cara memakai sabuk karate yang terbilang cukup sulit untuk pemula, tanpa kita ketahui terdapat filosofi filosofi di setiap bagian memakai sabuknya. Salah satunya mengikat sabuk, mengikat sabuk memiliki filosofi bahwa kamu akan diingatkan bahwa latihan karate yang benar memperdayakan dengan keterampilan unik untuk memberi, menerima, dan mengakhiri hidup.

Oleh karena itu, kamu harus menjunjung tinggi nilai nilai moral mendefinisikan dirimu sebagai seorang karateka dan berusaha untuk mewujudkannya dalam setiap interaksi selama latihan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved