Mengenal Sejarah Dari Perbasasi Sebagai Induk Organisasi Baseball Dan Softball Indonesia

Softball merupakan permainan bola kecil yang mirip dengan baseball yang dimainkan secara beregu, setiap regunya terdiri dari regu pemukul dan regu penjaga. Di Indonesia mungkin olahraga ini kurang populer di kalangan masyarakat dibanding dengan olahraga lainnya. Tapi, permainan ini cukup populer dimainkan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Eropa. Softball menekankan pentingnya memukul untuk menciptakan poin yang maksimal dan butuh kemampuan mumpuni untuk hasilkan pukulan yang baik.

Di setiap cabang olahraga yang ada didunia pasti memiliki induk organisasi yang mengatur segala urusan tentang suatu cabang olahraga, tak terkecuali sofball. Di Indonesia sendiri softball memiliki induk organisasi yang bernama Perbasasi. Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indinesia atau disingkat dengan PERBASASI merupakan induk organisasi untuk olahraga baseball dan sofball yang dibentuk pada tahun 1967.

Sejarah Perbasasi

Bersumber dari buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) yang diterbitkan pada tahun 2019, sebenarnya perkembangan permainan softball di Indonesia sudah dimulai sebelum perang kemerdekaan yang sifatnya masih terbatas pada lingkungan tertentu. Pada saat itu permainan ini dianggap sebagai permainan yang pantas dimainkan oleh anak-anak golongan wanita saja.

Pada tahun 1966 Indonesia pertama kali menggelar pertandingan softball. Sayangnya dipertandingan tersebut hanya para wanita saja yang ikut serta. Sedangkan pada tahun yang sama diadakan ajang Asian Games di Bangkok. Di ajang Asean Games tersebut softball tak hanya dimainkan oleh wanita saja namun para pria juga dapat memainkan olahraga tersebut.

Dari situlah awal mula putra-putri Indonesia mulai menggemari permainan softball. Melihat perkembangan softball sedemikian cepatnya dan dengan adanya kompetisi antar negara setiap tahunnya, timbullah perhatian terhadap cabang olahraga ini.

Baca Juga :

Perkembangan olahraga ini mulai terjadi di beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Semarang, dan Surabaya. Pada saat ini olahraga softball merupakan olahraga yang digemari masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa. Untuk menghimpun dan menyalurkan kegiatan dan pembinaan cabang olahraga tersebut maka dibentuklah organisasi yang nantinya mengatur, membina dan mewadahi kegiatan yang berhubungan dengan baseball dan softball hingga terlahirlah Perbasasi sebagai induk organisasi untuk cabang olahraga baseball dan softball.

Semenjak organisasi ini berdiri, dari situlah mulai mengadakan kompetisi kompetisi tingkat nasional. Kompetisi nasional pertama yang diselenggarakan pada tahun 1967 yaitu Kejuaraan Nasional I Baseball/Softball di Jakarta.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved