Mengenal Gerakan Kata 1 Sampai 5 Dalam Seni Beladiri Karate

Karate merupakan cabang olahraga bela diri yang berasal dari Jepang. Karate sendiri merupakan olahraga bela diri asli Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Olahraga yang satu ini menggambarkan tentang kedisiplinan, keseimbangan, dan juga ketangkasan. Dalam karate terdapat gerakan yang bernama Kata. Kata merupakan kombinasi dari kihon yang dilakukan secara berurutan. Kata mengandung beberapa pembelajaran prinsip bertarung dan juga teknik rahasia dari setiap aliran karate. Terdapat falsafah-falsafah hidup di dalam setiap gerakan kata serta terdapat ritme gerakan dan juga pernafasan yang tak sama antara satu dengan lainnya dalam setiap gerakan.

Macam Macam Kata Dalam Karate :

Kata Karate

Heian Shodan

Heian sendiri memilik arti yaitu Pikiran Penuh Kedamaian. Heian Shodan merupakan kata pertama dari 5 kata dasar dalam karate. Kata Heian ini diciptakan oleh salah satu guru Gichin Funakoshi yaitu Yasutsune Itosu. Meskipun tidak diketahui bagaimana asal usul terbuatnya kata ini, akan tetapi banyak yang berpendapat bahwa Heian merupakan bagian dari Kata yang lebih tinggi tingkatannya yaitu Kata Kanku-Dai. 

Kata ini diciptakan bertujuan untuk menghilangkan kesan teknik yang berbahaya yang terdapat pada kata lanjutannya sehingga dapat memperkenalkan Karate kedalam kurikulum sekolah Di Jepang. Heian Shodan merupakan Kata Shorin, yang memperlihatkan kekuatan dan fleksibelitas gerakan.

Heian Nidan

Heian Nidan merupakan kata kedua dari 5 kata dasar dalam karate. Awalnya kata ini merupakan kata pertama, namun Yasutsune Itosu menganggap kata ini lebih sulit untuk dipelajari di banding Heian Shodan sehingga ia memutuskan untuk menempatkan kata ini untuk kata dua. Kata ini berhubungan dengan Kata Bassai-Dai. Bassai Dai bisa kita artikan sebagai benteng atau benteng halilintar.

Heian Sandan

Heian Sandan merupakan kata ketiga dari 5 kata dasar dalam karate. Kata Heian Sandan ini berhubungan dengan Kata Jitte. Kata Jitte dalam aliran Shotokan sendiri memiliki gerakan yang sangat rumit dengan teknik kuat.

Baca Juga :

Heian Yondan

Heian Yondan merupakan kata keempat dari 5 Kata dasar dalam karate. Kata ini berhubungan dengan Kata Kanku-Dai. Kanku Dai pada dasarnya adalah gabungan dari kata Heian dan Tekki. Saat berlatih kata ini, seseorang akan menemukan banyak potongan H2-H5, dan bahkan beberapa T1. Ini adalah kata yang sangat energik yang melibatkan teknik melompat, menjatuhkan, dan berputar.

Heian Godan

Heian Godan merupakan Kata kelima dari 5 Kata dasar dalam karate. Kata ini berhubungan dengan Kata Gankaku. Gankaku adalah kata yang terbilang cukup sulit. Kata ini nantinya akan diujikan menjaga keseimbangan, kontrol dan koordinasi tubuh yang baik saat memutar, serangan dalam Gankaku ringan namun tajam.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved