Istilah Istilah Dalam Karate Yang Perlu Diketahui

Karate merupakan cabang olahraga beladiri yang berasal dari Jepang. Olahraga ini sudah tersebar luas ke seluruh dunia termasuk tak terkecuali Indonesia. Karate merupakan salah satu cabang olahraga bela diri Jepang dan dipengaruhi dengan seni bela diri Cina yang bernama kenpo. Karate juga merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Jepang dan menitikberatkan serangan pada ketepatan tendangan dan pukulan tanpa alat. 

Dalam seni beladiri karate memanfaatkan tendangan, serangan dengan pukulan, serta pertahanan murni menggunakan tangan. Untuk para pemula yang baru saja belajar atau yang ingin belajar karate. Terdapat istilah istilah karate yang wajib kamu ketahui. Berikut merupakan istilah istilah dalam karate yang wajib diketahui oleh para pemula.

Kohai

Kohai merupakan istilah dalam karate yang biasanya digunakan untuk para karateka atau adik seperguruan yang memiliki tingkat yang tergolong masih rendah.

Senpai

Kebalikan dari kohai yang merupakan adik seperguruan, senpai merupakan istilah yang bertuju untuk kakak seperguruan di dojo yang memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kohai.

Sensei

Senpai

Sensei merupakan sebutan guru dalam bahasa Jepang. Dalam karate sendiri, Sensei merupakan sebutan untuk seorang karateka yang sudah mencapai tingkatan Dan (sabuk hitam) tingkat 4 hingga 8. Sensei juga dapat berarti karateka yang sudah terdaftar sebagai anggota Dewan Guru Karate. 

Sihan

Selain ada sensei yang merupakan sebutan untuk guru dikarate, ada juga sihan yang merupakan sebutan Guru Besar karate. Sihan merupakan sebutan untuk karateka yang sudah menjadi Guru Besar Karate. Biasanya, sihan ini merujuk pada karateka yang sudah mencapai tingkatan Dan (sabuk hitam) tingkat 9 dan 10.

Osh

Salam Osh

Osh berasal dari kata Oshinobu dalam Bahasa Jepang, yang berarti pantang menyerah. Dalam karate, salam osh biasanya dilakukan pada saat ingin bertanding. Ketika mengucapkan OSH, diwajibkan untuk membungkukkan badan.

Daichi

Daichi merupakan istilah istilah yang mengarah pada jurus-jurus dalam karate. Terdapat beberapa tingkatan dalam jurus karate, seperti Hachiji Daichi, Kiba Daichi, Musubi Daichi, dan Zenkutsu Daichi.

Musubi Dachi merupakan istilah yang mengarah pada jurus paling dasar dalam karate. Jurus ini mengharuskan kamu untuk memposisikan kaki dalam bentuk V. Musubi Dachi paling umum digunakan saat membungkuk ketika pelajaran karate dimulai.

Baca Juga :

Hachiji Daichi merupakan istilah yang mengharuskanmu untuk mengangkat kaki setinggi bahu dan dengan kedua kaki mengarah ke depan. Lengan biasanya disimpan di depan dan condong ke tubuh.

Kiba Daichi ini merupakan istilah kuda kuda atau ancang-ancang dalam menyerang. Dalam karate, kuda-kuda disebut dengan kiba dachi yang dilakukan dengan sejajarkan kaki dan membiarkannya terbuka lebar, dengan punggung lurus dan lutut mengarah ke dalam.

Zenkutsu Daichi merupakan istilah untuk menggambarkan jurus paling umum dalam karate. Untuk melakukannya, kamu harus berdiri tegap dengan kaki belakang diluruskan dan lutut belakang sedikit ditekuk.

Tachikata

Kuda Kuda Karate

Tachikata merupakan istilah yang merujuk pada gerakan kuda kuda yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan bentuk yang tepat pada saat menyerang. Tanpa kuda-kuda yang baik, serangan akan kurang kuat dan dapat mudah kehilangan keseimbangan.

Kyu dan Dan

Kyu dan Dan merupakan istilah untuk tingkatan sabuk karate. Untuk tingkatan sabuk kyu terdiri dari 10 hingga 1. Untuk tingkat kyu 10 menunjukkan untuk yang masih mengenakan sabuk putih, kyu 9 sampai 8 sabuk kuning, kyu 7 sabuk orange, kyu 6 sabuk hijau, kyu 5 sampai 4 biru, dan kyu 3 sampai 1 sabuk coklat.

Setelah kyu 1 sabuk coklat, maka selanjutnya adalah sabuk hitam. Untuk tingkatan Dan atau sabuk hitam sendiri terdiri dari 1 hingga 10, berbeda dengan kyu yang menurun dari 10 hingga 1, pada tingkatan Dan ini meningkat dari 1 hingga 10 ada Dan 1-10. Semaikin tinggi tingkatannya maka semakin dihormati pula oleh para karateka lainnya.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved