Baseball : Sejarah, Pengertian, Peraturan, Lapangan, Dan Peralatan

Baseball atau biasa disebut dengan Bisbol merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu berisi masing-masing 9 orang. Di Indonesia baseball merupakan olahraga yang yang kurang populer di kalangan masyarakatnya. Namun di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur baseball merupakan olahraga yang sangat populer.

Pertandingan baseball akan berlangsung selama 9 inning dan tim yang memiliki skor terbanyak keluar sebagai pemenang. Tujuan dari olahraga ini adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting (pemukul bola) agar bisa memperoleh angka supaya dapat memenangkan pertandingan. Amerika Serikat dan Kanada terdapat sebuah kompetisi yang bernama Major League Baseball (MLB) kompetisi ini dianggap sebagai kompetisi terbaik di dunia.

Sejarah Baseball

Sejarah Baseball

Diketahui Sejarah baseball berawal dari seorang pemuda bernama Abner Doubleday, yang menciptakan permainan selama musim panas 1839 di Cooperstown, New York. Doubleday akhirnya akan menjadi pahlawan Perang Saudara, dan bisbol secara bertahap akan menjadi hobi nasional Amerika.

Namun, bersumber dari situs History.com, Abner Doubleday tidak pernah mengakui bahwa ia memiliki hubungan dengan olahraga baseball. Asal usul tentang Abner Doubleday sebagai pencipta permainan ini bertahan hingga beberapa dekade hingga ia mendapatkan julukan sebagai bapak dari olahraga baseball.

Peraturan baseball pertama kali dibuat pada tahun 1845 oleh Alexander J. Cartwright. Di tahun yang sama juga didirikan sebuah klub pertama baseball yang bernama New York Knickerbockers. Baseball menjadi salah satu bagian yang tidak dipisahkan dari warga Amerika.

Pengertian Baseball

Baseball merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu yang berisi 9 orang di masing-masing timnya. Tujuan dari olahraga ini adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting (pemukul bola) agar bisa memperoleh angka supaya dapat memenangkan pertandingan. Pertandingan baseball akan berlangsung selama 9 inning dan tim yang memiliki skor terbanyak keluar sebagai pemenang.

Peraturan Baseball

Sama seperti olahraga lain, baseball juga memiliki peraturan peraturan yang harus dipatuhi. Berikut ini merupakan peraturan dalam permainan baseball, yaitu :

  1. Baseball memiliki dua tim yang masing-masing terdiri atas 9 pemain.
  2. Posisi tim lapangan terdiri dari pitcher, catcher, baseman pertama, baseman kedua, shortstop, baseman ketiga, dan tiga outfielder di lapangan kiri, lapangan tengah dan lapangan kanan.
  3. Pertandingan berlangsung selama 9 babak dimana kedua tim bisa bertarung sekali. Jika pertandingan seri setelah 9 babak maka inning tambahan akan ditambahkan sampai pemenang ditemukan. Jika tim yang memukul kedua di bagian bawah inning ke-9 sudah unggul dalam poin, maka mereka tidak perlu menyelesaikan inning pukulan mereka.
  4. Setelah urutan pemukul diambil, maka itu tidak dapat diubah sepanjang permainan. Pergantian diizinkan, namun, mereka harus melakukan sesuai urutan pemain sebelumnya yang mereka gantikan.
  5. Jika pemukul (batter) berhasil memukul bola dari pelempar, mereka harus berusaha untuk setidaknya sampai ke base pertama. Mereka kemudian dapat berlari ke base sebanyak yang mereka inginkan sebelum terkena tag. Setiap base harus disentuh dengan beberapa bagian tubuh batter saat berlari melewati.
  6. Batter melakukan tiga pukulan meloloskan diri. Sebuah serangan dianggap ketika batter mengayunkan bola dan melewatkannya. Batter dapat meninggalkan bola tetapi, jika berada di dalam area tertentu (disebut ‘zona serang’ atau strike zone), maka serangan juga akan diberikan. Jika empat bola kehilangan zona serang dan batter tidak mengayunkan tongkatnya, mereka dapat berjalan ke base pertama.
  7. Saat berada di base, batter dapat berlari ke base berikutnya di titik mana pun.
  8. Pemain dapat diberhentikan dengan ‘strike out’ (merujuk pada batsman yang kehilangan bola tiga kali), ‘force out’ (ketika pemain gagal mencapai base di depan pemain bertahan), ‘fly out‘ (saat bola dipukul di udara dan ditangkap tanpa memantul), dan ‘tag out’ (di mana pemain defensif dengan bola menge-tag batsman dengan bola semua saat mereka berlari).

Lapangan Baseball

Ukuran Lapangan Baseball

Ukuran lapagan baseball memiliki jarak home base ke pitcher plate sepanjang 18,45 m, Jarak tiap-tiap base yakni berjarak 27,45 m dan pitcher plate memiliki ukuran 60 x 15 cm.

Baca Juga :

Peralatan Baseball

Peralatan Baseball

Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan beberapa alat yang berguna untuk kelancaran saat bermain permainan ini.

Bola

Bola Baseball

Bola baseball terbuat dari kulit sapi atau kuda dan memiliki berat 145 gr dan berdiameter 23 cm.

Baseball Bat (Pemukul)

Baseball Bat

Baseball bat ini nantinya berfungsi untuk memukul bola yang nantinya akan dilempar ke arahmu. Baseball bat ini memiliki ukuran standar Panjang 1,06 m, penampang bergaris tengah 7 cm dan pembungkus pegangan 46 cm.

Glove

Glove

Glove merupakan sarung tangan yang nantinya akan membantu pemain dalam menangkap dan melempar bola yang dilemparkan oleh rekan satu tim. Glove berfungsi sebagai pelindung`pada tangan. Jika tidak menggunakan glove, pemain dapat mengalami cedera.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved