International Softball Federation (ISF) Sebagai Induk Organisasi Softball International

Softball adalah salah satu cabang olahraga yang mirip dengan permainan bola kasti dan baseball. Permainan yang diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 ini merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 9 orang di masing masing timnya. Harus diakui bahwa permainan softball merupakan permainan yang kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun olahraga ini bisa dibilang olahraga yang cukup populer di Amerika Serikat.

Selain Perbasasi yang merupakan induk organisasi softball Indonesia. Ada juga ISF atau International Softball Federation yang merupakan induk organisasi softball internasional. ISF atau International Softball Federation merupakan organisasi yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan softball di dunia. Baik itu dari mengatur dan menyelenggarakan kejuaraan, memberi aturan bermain resmi untuk kompetisi internasional, dan dapat juga memberikan sanksi pada kejuaraan regional.

Sejarah ISF

International Softball Federation atau disingkat ISF merupakan organisasi yang didirikan oleh Nick Barack. Nick Barack merupakan pendiri sekaligus presiden pertama dari International Softball Federation. Pada saat berdirinya organisasi ini pada tahun 1950 di pertemuan dewan komisaris, sudah terdapat sekitar 250 ribu tim softball aktif di seantero AS dan Kanada sudah terdaftar.

2 tahun kemudian, Nick Barack diangkat menjadi Presiden pertama ISF. Setahun kemudian, berbagai organisasi softball nasional dari berbagai negara mulai bergabung, termasuk Australia dan Jepang. Sejak ISF resmi didirikan, berbagai turnamen dan Kejuaraan Softball Dunia mulai diselenggarakan.

Baca Juga :

Pada tahun 1965, sebuah kejuaraan softball dunia wanita pertama di selenggarakan di Melbourne, Australia. Sebelum turnamen tersebut, ISF memilih Dewan Direksi pertamanya. Bill Kethan adalah Presiden pertama dan Porter adalah Sekretaris Jenderal pertama. Salah satu tindakan pertama dewan baru adalah menyerahkan hak tuan rumah Kejuaraan Dunia Softball Putra ke Meksiko.

Dan 1 tahun kemudian kejuaraan dunia pria pertama diselenggarakan. pada tahun yang sama, ASA dan ISF memutuskan untuk memindahkan kantor pusat mereka ke Kota Oklahoma. Ketika kantor pusat ISF dipindahkan ke Plant City, Florida, ISF tidak memiliki kantor pusat sendiri sampai tahun 2000.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved