8 Posisi Pemain Softball Beserta Tugasnya

Lahir di Amerika Serikat dan diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago, Softball adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 9 pemain di masing masing timnya. Dalam pertandingan softball, durasi permainan setidaknya tujuh inning atau sekitar dua jam.

Cara mendapatkan poin dalam permainan softball yaitu dengan memukul bola dengan baik lalu berlari melewati atau hinggap ke base yang tersedia hingga kembali ke home base. Pada dasarnya terdapat delapan posisi dalam permainan softball. Setiap posisi memiliki peran dan tugasnya masing masing dalam tim.

Batter

Batter Softball

Batter adalah istilah untuk pemain yang menempati posisi sebagai pemukul dalam softball. Tugas dari seorang batter adalah memukul bola untuk mencetak angka (run) dan berlari ke base, lalu menginjak semua base secara berurutan hingga akhirnya kembali ke home plate.

Pitcher

Pitcher Softball

Pitcher adalah istilah untuk pemain yang menempati posisi sebagai pelempar bola dalam softball. Tugas dari seorang pitcher adalah melempar bola ke arah pemukul. Selain memiliki tugas untuk melempar bola, pitcher juga bertugas untuk menjaga base pertama dan membantu pemain di belakang home plate.

Catcher

Catcher Softball

Catcher adalah istilah untuk pemain yang menempati posisi sebagai penangkap bola dalam softball. Tugas dari seorang catcher adalah menangkap bola yang dilempar oleh seorang pitcher. Selain bertugas untuk menangkap bola catcher juga memiliki tugas untuk menjaga home plate dan melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan yang sedang berlari dari satu base ke base lainnya.

First baseman

First baseman Softball

Selain catcher, first baseman juga adalah istilah untuk pemain yang menempati posisi sebagai penangkap bola dalam softball. First baseman ini berbeda dengan catcher. Catcher bertugas untuk menangkap bola yang dilempar oleh pitcher ke arah home plate. Sedangkan untuk first baseman bertugas untuk menangkap bola yang dipukul atau dilempar ke arah base pertama.

Second baseman

Second baseman menempati posisi di antara first baseman dan base kedua, umumnya lebih dekat ke base kedua. Tugas dari second baseman adalah menjaga wilayahnya, membuat mati pelari (lawan) dengan cara melempar bola ke base satu, serta mematikan pelari di base kedua.

Baca Juga :

Shortstop

Pemain berposisi shortstop menempati area sekitar base kedua sampai base ketiga. Tugas dari seorang shortstop adalah menangkap semua bola yang mengarah ke wilayahnya. Selain itu, seorang shortstop juga memiliki tugas untuk membantu second baseman.

Third baseman

Third baseman adalah pemain yang menempati di dekat base ketiga sampai posisi belakang shortstop. Selain bertugas untuk menjaga base ketiga, third baseman juga bertugas untuk mematikan pelari dengan cara melempar bola ke arah first baseman.

Outfielders

Outfielders Softball

Outfielders adalah istilah untuk pemain yang menempati posisi pemain yang berada di daerah luar (outfield) yaitu area berumput di belakang infield. Pemain berposisi outfielders dibedakan menjadi tiga yaitu right fielder, left fielder, dan center fielder.

Tugas dari right fielder dan left fielder adalah menjaga pukulan bola yang mengarah ke wilayah masing-masing, sedangkan tugas center fielder yang berposisi di tengah adalah untuk mengarahkan right fielder dan left fielder.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved