7 Teknik Dasar Olahraga Squash

Olahraga squash adalah permainan yang mirip dengan tenis. Nama olahraga Squash mungkin sangat asing di telinga kebanyakan warga Indonesia. Olahraga squash sekilas mirip dengan tennis, hanya saja untuk olahraga squash berhadapan dengan dinding. Berbeda dengan tennis yang berhadapan langsung dengan pemain lain dan bertanding satu sama lain untuk mencapai skor terbanyak.

Untuk bermain olahraga ini dengan baik dan benar terdapat teknik teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu. Dikutip dari parboaboa.com berikut adalah teknik dasar olahraga squash.

Servis

Servis

Sama seperti olahraga lainnya, servis adalah teknik pukulan awalan. Cara melakukannya yaitu,

  1. Berdiri dengan satu kaki di kedua kotak servis lalu pukul bola ke dinding depan dengan mendaratkannya di atas garis sevis, dibawah garis keluar.
  2. Bola kemudian harus bergerak dari dinding depan ke sudut belakang yang berlawanan di belakang garis pendek dan di sisi lain garis setengah lapangan dari tempat servis).
  3. Bola bisa memantul dari tembok lain atau dipukul penuh

Drive

Drive

Drive adalah adalah teknik pukulan yang dengan cara mengarhakan bola ke dinding belakang. Sebelum melakukan teknik ini, pemain harus memperhatikan posisi tubuh yang baik dan benar, dan arahkan bola ke sisi dinding yang diinginkan agar dapat menghasilkan pukulan yang efektif. Teknik ini dilakukan dengan cara menggunakan gerakan tangan dan bahu sehingga dapat menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat.

Dropshot

Teknik yang satu ini membutuhkan kecepatan dan akurasi yang tepat, karena teknik ini mengharuskan bola untuk jatuh dekat dengan dinding sehingga lawan tidak dapat menjangkau bola yang jatuh dekat dinding dan kamu mendapatkan skor. Dropshot adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan bola ke dinding depan dengan sedikit mengurangi kecepatan bola agar jatuh dekat dengan dinding.

Pukulan Cop

Cop adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan ujung raket sehingga bola memantul di atas kepala lawan. Teknik ini membutuhkan akurasi dan kontrol yang baik, karena pemain harus memperhatikan arah datangnya bola agar dapat memantul tepat diatas kepala lawan.

Smash

Smash

Sama seperti tenis, smash adalah teknik pukulan yang terbilang menakutkan bagi lawan. Cara menggunakan teknik ini cukup simple yaitu memukul bola yang datang sekuat tenaga agar menghantam bola ke dinding belakang dengan cepat dan kuat.

Boast

Boast adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan cara memukul bola ke dinding belakang yang kemudian memantul ke dinding depan. Teknik ini membutuhkan akurasi dan kontrol yang baik, karena pemain harus dapat memperhatikan arah dan kecepatan bola agar dapat memantul ke dinding depan dengan sempurna.

Cross

Cross adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan cara mengarahkan bola ke dinding diagonal dari posisi pemain. Teknik ini membutuhkan kecepatan dan akurasi yang tepat, karena pemain harus memperhatikan posisi bola dan arah yang diinginkan agar dapat menghasilkan pukulan yang efektif dan sulit dijangkau oleh lawan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved