7 Pemain Bulutangkis Terbaik Indonesia

Sama seperti sepak bola, bulu tangkis adalah salah satu olahraga populer di dunia termasuk Indonesia. Di belahan dunia ini terdapat atlet atlet bulu tangkis yang mempunyai skill yang hebat yang bahkan di kenal oleh penggemar bulutangkis di seluruh dunia. Bulu tangkis sendiri adalah cabang olahraga andalan bagi Indonesia di ajang internasional. Kiprah atlet bulutangkis Indonesia memang terbilang cukup gemilang di mata pecinta olahraga bulu tangkis, bahkan hingga mancanegara. Banyak sekali medali penghargaan yang didapatkan para atlet pebulu tangkis Indonesia dalam ajang olahraga di dunia.

Di Indonesia memiliki atlet atlet yang tak kalah hebat dengan atlet bulutangkis dunia. Berikut adalah daftar atlet Indonesia baik dalam kategori putra maupun kategori putri.

Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting

Pria yang lebih dikenal dengan nama Anthony Ginting ini adalah atlet bulu tangkis yang menduduki posisi ke 2 dunia dalam BWF World Rankings kategori single setelah Viktor AXELSEN. Nama Anthony Ginting sendiri mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia pada saat Asian Games 2018 lalu. Sejak diresmikan sebagai atlet timnas, ia semakin sukses dalam menorehkan prestasi di berbagai turnamen tingkat internasional seperti Badminton Asia Team Championship 2016, Juara Korea Open 2017 dan prestasi tingkat internasional lainnya.

Jonathan Cristie

Jonathan Cristie

Jonathan Cristie atau yang kerap disapa dengan nama Jojo ini mempunyai ketertarikan dalam bulutangkis sejak usia 6 tahun. Di usianya yang menginjak umur 11 tahun ia mencetak sejarah dengan meraih 7 piala pada kejuaraan tingkat provinsi, nasional, dan internasional. Dalam debut pertamanya sebagai atlet bulutangkis ia berhasil menjuarai Indonesia International Challenge pada tahun 2013 diusianya yang ke 13.

Sama seperti Anthony Sinisuka Ginting, namanya mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak Asena Games 2018 lalu. Pada Sea Games 2017 dan Asian Games 2018 Jonathan Cristie berhasil mendapatkan medali emas di ajang kompetisi tersebut.

Setelah itu, ia dipilih sebagai perwakilan Indonesia dalam Piala Thomas 2021 dan berhasil mendapatkan emas. Jonathan Cristie menempati peringkat 7 dalam BWF World Rankings kategori single.

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat adalah salah satu pemain legendaris Indonesia yang di segani oleh dunia karena ia pernah meraih juara Olimpiade Athena tahun 2004 dan juara dunia pada tahun 2005.

Taufik Hidayat juga menjadi salah satu pemain andalan Indonesia yang juga masuk dalam anggota Piala Thomas dan meraih gelar juara pada tahun 2000 dan 2002. Ia juga pernah meraih juara Asian Games Busan 2002 dan Doha 2006.

Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung

Perempuan kelahiran Wonogiri, 11 Agustus 1999 ini awalnya tidak berkarir di dunia bulu tangkis, melainkan mendalami ilmu karate. Menurut ayahnya sepertinya ia memiliki bakat di dunia bulutangkis. Dengan dorongan orangtua dan bakatnya, Gregoria memantapkan diri untuk mendalami bulutangkis.

Mengawali kariernya bersama PB Mutiara Cardinal Bandung, Jawa Barat. Pada tahun 2013 ia dipanggil untuk menjadi atlet timnas. Setelah itu berbagai prestasi mulai ia raih seperti runner up Malaysia International Challenge 2014, juara Singapore International Series dan Indonesia International yang diselenggarakan pada tahun 2015, dan kejuaraan bulutangkis lainnya.

Karena prestasi dan skill yang ia miliki, ia menempati posisi di peringkat 9 dalam BWF World Rankings kategori single putri.

Susi Susanti

Susi Susanti

Susi Susanti adalah atlet bulutangkis legendaris yang dimiliki Indonesia. Ia tercatat sebagai atlet tunggal putri pertama dan satu satunya yang berhasil membawa pulang medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Tak hanya itu, ia juga meraih empat gelar juara All England pada tahun 1990, 1991, 1993, dan 1994. 

Baca Juga :

Tak sampai disitu saja, ia juga memiliki segudang prestasi lainnya, seperti juara World Cup 1989 ,1990, 1993, 1994, 1996, serta 1997 hingga juara World Badminton Grand Prix pada tahun 1990, 1991, 1992, 1993, 1994 dan 1996.

Rudy Hartono

Rudy Hartono

Rudy Hartono adalah atlet pelopor legendaris dan membuat bulu tangkis Indonesia disegani di oleh dunia. Rudi Hartono mendominasi di tahun 1968 sebagai juara All England. Bahkan, ia menjadi satu-satunya atlet yang berhasil juara sebanyak 7 kali di kejuaraan ini, dari tahun 1968-1974.

Tak hanya itu saja, Rudi juga menjadi salah satu dari tim Indonesia yang memenangkan kejuaraan Thomas Cup 6 kali secara berturut-turut dari tahun 1970-1982. Dengan prestasi gemilangnya ini, tidak heran bila atlet Rudy Hartono dinobatkan sebagai Badminton Hall of Fame pada tahun 1997.

Antonius Budi Ariantho

Antonius Budi Ariantho

Antonius Budi Ariantho adalah atlet bulutangkis legendaris yang pernah mendapatkan gelar juara Indonesia Open 1996 untuk sektor ganda putra, bersama dengan atlet Denny Kantono. Ia juga meraih medali perunggu di Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta, dan mendapatkan juara untuk Thomas Cup 1996 dan 2000. Diketahui saat ini Antonius Budi Ariantho menjadi pelatih ganda bulu tangkis di Jakarta.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved