Tips Dan Cara Belajar Berenang Untuk Pemula

Berenang adalah kegiatan yang menyegarkan disaat cuaca sedang panas. Berenang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari memperkuat otot, menjaga berat badan, hingga mencegah penyakit jantung. Namun, berenang juga memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan dengan olahraga lainnya. Sebab tubuh manusia lebih terbiasa untuk beraktivitas di darat dan jarang untuk beraktivitas di dalam air.

Belajar berenang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun terlihat sulit, jika kamu belajar secara rutin pasti akan terasa mudah. Berikut adalah tips dan cara belajar berenang bagi pemula.

Membiasakan Diri Berada Di Dalam Air Dari Kolam Yang Dangkal

Membiasakan diri berada di dalam air adalah langkah pertama yang perlu dilakukan saat ingin belajar berenang. Caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa memulainya dengan berdiri di kolam yang tidak terlalu dalam, Setelah itu, mulai masukkan wajah ke dalam air tetapi posisi badan berdiri. Tahan lima detik dan perlahan menghembuskan napas lewat mulut di dalam air, lalu kembali angkat wajah dari air. Hal ini akan membuatmu merasakan sensasi bernapas di dalam air dan perlahan membiasakan diri berada di dalam air.

Mencoba Mengapung

Mengapung

Cara mengapung untuk pemula yaitu berpeganglah pada tepi kolam renang. Tarik napas dalam dalam, kemudian angkat kedua kaki hingga posisi tubuhmu telentang.

Cara ini adalah cara berenang paling dasar yang harus dikuasai saat belajar berenang. Anda mungkin akan kesulitan pada awalnya, tapi teruslah mencoba hingga kamu dapat mengapung selama 15-30 detik. Setelah sudah bisa mengapung selama 15-30 detik, cobalah mengapung tanpa berpegangan pada tepi kolam.

Bergerak ke Depan

Bergerak Ke Depan

Sebagai permulaan, kamu dapat menggunakan alat bantu seperti papan pelampung. Pegang papan di hadapanmu dengan tangan lurus, lalu dorong tubuhmu menggunakan kaki di tepi kolam. Cobalah menendang dengan kedua kakimu secara bergantian. Putarlah kepalamu ke kiri dan ke kanan untuk mengambil napas. Lakukan langkah ini hingga kamu terbiasa, lalu cobalah kembali tanpa alat bantu.

Perhatikan Teknik Bernapas

Ketika kepala sedang berada di dalam air, jangan menahan napas. Karena menahan napas di dalam air akan membuat gerak tubuh melambat dan kekurangan napas. Ada masa kepala harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas meskipun cuman sesaat.

Baca Juga :

Berusaha Untuk Tetap Tenang

Tak hanya berlaku untuk berenang saja, berusaha untuk tetap tenang juga berlaku untuk semua olahraga. Karena ketika tenang akan menghemat energi yang digunakan saat melakukan suatu aktiviitas tak terkecuali berenang. Tak hanya berusaha untuk tetap tenang saat berenang, kamu juga harus mampu mengontrol posisi tubuh selama di dalam air agar tetap sejajar dari kepala hingga kaki.

Mempelajari Gaya Renang Dasar

Gaya Renang Dasar

Setelah selesai menguasai cara diatas, kamu bisa mempelajari beberapa gaya renang dasar yaitu, gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Gaya kupu-kupu dan gaya bebas dapat membuat kamu maju dengan cepat, tapi akan cepat merasa lelah. Untuk gaya dada dan gaya punggung relatif mudah karena kamu tidak harus repot mengatur napas, tapi keduanya tergolong lebih lambat.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved