7 Manfaat Bermain Tenis Meja Bagi Kesehatan Tubuh

Tenis meja adalah jenis olahraga yang dimainkan diatas meja. Olahraga ini cukup populer didunia dan mudah untuk dimainkan. Semua jenis olahraga tak terkecuali tenis meja, memiliki segudang manfaat saat melakukannya. Cara memainkannya cukup sederhana yaitu, kamu hanya perlu memukul bola menggunakan bet hingga melewati net. Meskipun terlihat sebagai olahraga yang sederhana, namun tenis meja memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah macam macam manfaat olahraga tenis meja.

Membakar Kalori

Membakar Kalori

Semua kegiatan yang berhubungan dengan olahraga dapat mengurangi kalori dalam tubuh tak terkecuali tenis meja. Dengan bermain tenis meja selama satu jam mampu membakar sebanyak 272 kalori.

Melatih Reflek

Reflek Tubuh

Gerakan yang cepat dan tepat ketika memukul bola dari lawan dalam tenis meja ternyata secara perlahan membuat tubuh kamu dapat merespon setiap gerakan secara spontan. Dengan sering bermain tenis meja, bukan tidak mungkin lama kelamaan tubuh akan terbiasa dan refleks pun akan makin bagus dan terlatih

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tenis meja adalah olahraga yang mampu merangsang pertumbuhan tulang. Hal ini dikarenakan tenis meja adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan memiliki efek osteogenik. Efek tersebut dapat semakin meningkat ketika tubuh kamu bergerak pada arah yang berbeda dengan jeda selama beberapa detik. Hasilnya, tulang kamu menjadi lebih padat, kuat, dan mengurangi resiko cedera

Meningkatkan Stamina Tubuh

Meningkatkan Stamina Tubuh

Awalnya mungkin kamu akan merasa mudah lelah saat bermain tenis meja. Hal ini terjadi karena ketika kamu bermain tenis meja maka kamu akan bergerak kesana kemari dengan cepat untuk menangkis bola yang dilancarkan musuh. Jika rajin bermain tenis meja, maka stamina tubuhmu akan meningkat sehingga tidak akan mudah merasa lelah lagi.

Mengasah Fungsi Otak

Mengasah Fungsi Otak

Bermain tenis meja dapat memberikan manfaat bagi otak dengan merangsang bagian yang mengatur gerak, kemampuan motorik, dan strategi. Bermain tenis meja juga dapat melatih koordinasi mata dan tangan dan refleks.

Pengaruh ini muncul ketika mata menangkap pergerakan arah bola ping pong. Otak pun terpacu untuk memprediksi arah bola dan strategi untuk menangkisnya.

Mencegah Pikun

Mencegah Pikun

Diketahui, olahraga tenis meja mengaktifkan beberapa bagian otak dalam waktu bersamaan. Karena hal ini, orang yang secara rutin bermain tenis meja dapat mengalami peningkatan dalam hal kepintaran, kesadaran, dan kemampuan otak secara keseluruhan.

Baca Juga :

Manfaat tenis meja yang satu ini tentunya sangat berpengaruh bagi para lansia. Tenis meja dapat menjadi cara yang menyenangkan bagi mereka untuk mengasah otak sehingga terhindar dari risiko pikun.

Dapat Menambah Teman

Dapat Menambah Teman

Selain bermanfaat untuk tubuh, bermain tenis meja juga dapat menambah teman. Tenis terdiri menjadi kategori yaitu kategori tunggal dan kategori ganda. Ketika bermain tenis di kategori ganda, maka mengharuskan kamu untuk mencari patner bermain kamu. Awalnya boleh saja untuk berpatner bersama teman dekat kamu. Namun, jika tidak ada teman dekat kamu bermain, mau tidak mau harus mencari patner dengan orang yang tidak kamu kenal.

Nah disitulah dengan bermain bersama sama dapat saling belajar satu sama lain dan membicarakan banyak hal. Ajaklah ia lagi ketika kamu ingin bermain tenis, dengan begitu lama kelamaan kamu akan mendapatkan teman baru.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved