Sejarah Dan Tugas Persani Sebagai Induk Organisasi Senam Indonesia

Senam atau disebut dalam bahasa inggris gymnastic adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat dari senam diantaranya menjaga kebugaran tubuh, menambah kekuatan dan kelenturan, meningkatkan daya tahan, dan membantu membentuk tubuh ideal. Persatuan Senam Indonesia atau disingkat Persani adalah induk organisasi senam di Indonesia. Persani adalah induk organisasi senam yang berperan penting dalam pengembangan dan pengelolaan kegiatan senam di Indonesia.

Sejarah Persani

Persani adalah induk organisasi senam Indonesia yang berdiri pada tanggal 14 Juli 1963. Persani sendiri diprakarsai oleh tokoh-tokoh yang menangani dan memiliki keahlian pada cabang olahraga senam. Tokoh-tokoh olahraga Indonesia yang membentuk Persani berasal dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Langkah awal yang dilakukan oleh Persani dalam melakukan meningkatan atlet senam Indonesia yaitu dengan cara memanggil pelatih luar negeri lebih tepatnya pelatih RRC. Sayangnya, pelatih-pelatih dari RRC tersebut kembali ke negara asalnya akibat adanya peristiwa G30S/PKI.

Tidak menyerah sampai disitu, Persani akhirnya mengirimkan seorang pelatih Indonesia yang bernama T.J Purba ke Jerman Timur selama 26 bulan untuk belajar di sekolah khusus pelatih senam.

Baca Juga :

Setelah itu, Persani mulai menulis lembaran lembaran sejarah seperti masuknya olahraga senam ke dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 1969, sampai tercatat 13 pengurus daerah Persani di seluruh Indonesia pada tahun 1984.

Tugas Dan Tujuan Persani

Sebagai induk organisasi senam Indonesia, Persani memiliki tugas dalam mengoordinasikan kegiatan senam dari tingkat nasional hingga tingkat daerah.

Salah satu peran utama Persani adalah mengatur dan mengawasi kompetisi senam di Indonesia, mulai dari tingkat pelajar hingga tingkat profesional.

Persani juga memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi atlet senam tanah air, menyatukan komunitas senam di Indonesia, dan mendorong perkembangan olahraga senam Indonesia.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved