Sepak Bola Mini : Ukuran Lapangan, Ukuran Bola, Jumlah Pemain, Dan Aturan Permainan

Nama olahraga sepak bola mini mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Sepak bola mini sendiri adalah gabungan antar futsal dan sepakbola pada umumnya, namun tidak sepopuler sepak bola dan futsal. Olahraga ini dimainkan oleh anak anak yang masih sekolah dasar. Berbeda dengan sepak bola yang terdiri dari 11 orang di setiap timnya, olahraga ini dimainkan oleh tujuh pemain dengan satu penjaga gawang.

Pertandingan tidak boleh dimulai atau dilanjutkan jika salah satu tim memiliki kurang dari empat pemain. Namun, setiap federasi tetap boleh mengubah aturan jumlah pemain dengan lima, tujuh, atau delapan pemain untuk menghormati peraturan permainan dari World Minifootball Federation (WMF).

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Lapangan Sepak Bola Mini

Untuk ukuran lapangan sepak bola mini sangatlah jauh berbeda dengan lapangan sepak bola ukuran standar seperti pada umumnya. Pasalnya para pemain yang masih berusia anak-anak atau tingkatan sekolah dasar. Lapangan sepak bola mini memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60 meter dan lebar 40 meter. Tinggi gawang pada sepak bola mini adalah 2 meter dan memiliki lebar gawang 5 meter. Jarak tendangan pinalti 9 meter dari garis gawang dengan daerah pinalti ukuran 12 meter x 13 meter.

Ukuran Bola Sepak Mini

Bola Sepak Mini

Untuk bola sepak sendiri memiliki keliling bola antara 70 cm dan 68 cm, memiliki berat 410 atau 450 gram, dan memilliki tekanan bola 0,6 – 1,1 atm (600 – 1,100 g/cm2) di permukaan laut (8,5 lbs/sq dalam -15,6 lbs/s.

Baca Juga :

Jumlah Pemain Sepak Bola Mini

Bola Sepak Mini

Sepak bola mini adalah permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah dasar. Jumlah pemain sepak bola mini berjumlah 11 orang pemain di setiap timnya. Pemain tersebut terdiri dari 7 pemain utama, 1 kiper dan 3 pemain cadangan.

Aturan Permainan

Aturan Permainan Sepak Bola Mini

Sepak bola mini sendiri memiliki aturan yang berbeda dibanding sepak bola pada umumnya. Lama permainan sepak bola mini 2 x 20 menit dengan jeda 10 menit. Pelatih dapat mengajukan timeout kapan saja pada wasit selama pertandingan berlangsung. Di permainan yang satu ini tidak ada yang namanya batasan pergantian pemain, pelanggaran, dan tidak ada offside. Jika terjadi pelanggaran di pertandingan ini maka wasit hanya akan memberi peringat saja.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved