5 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik 2024

Sekilas mungkin bola yang digunakan di sepak bola dan futsal terlihat sama. Namun karena memiliki lapangan yang lebih kecil dibanding sepak bola maka bola yang digunakannya pun berbeda. Ukuran bola futsal lebih kecil dibandingkan dengan bola yang digunakan di sepak bola. 

Tak hanya itu, pantulan bola futsal pun cenderung lebih rendah dibandingkan bola sepak. Jika bola sepak dapat memantul sampai 1 meter, tidak demikian dengan bola futsal. Bola futsal hanya boleh memantul hingga 65 cm untuk pantulan pertama saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Bola Futsal

Selain harga, kualitas bola tentu menjadi hal penting untuk memilih bola futsal terbaik. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat membeli bola futsal.

Tentukan Ukuran Bola Yang Sesuai

Seperti yang disebutkan sebelumnya bola futsal dengan bola sepak memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran bola ini jelas lebih kecil dengan minimal 62 centimeter (cm) dan maksimal 64 cm. Jika mengacu pada standar dari FIFA, bobot minimal bola futsal adalah 400 gram (g) dan maksimal 440 g.

Tentukan Jenis Bola

Bola futsal dibedakan menjadi 2 bedasarkan jenis pembuatannya, yaitu press dan jahitan. Bola dengan teknik pembuatan press akan terasa lebih keras dan memiliki pantulan yang minim. Sementara untuk bola jahitan tangan akan terasa lebih empuk, tapi mempunyai pantulan yang lebih tinggi. Pilihlah jenis bola sesuai dengan preferensi kamu sendiri atau tim.

Memilih Berdasarkan Lapangan Yang Digunakan

Bola jenis press lebih cocok digunakan pada lapangan yang lebih keras. Karena, alur bola menjadi lebih cepat dan permainan pun semakin menarik. Sementara itu, bola dengan teknik jahitan lebih cocok digunakan di lapangan rumput sintetis. Pantulan bola yang tinggi menjadi lebih teredam dan bola juga mudah dikontrol.

Pilih Yang Berstandar Internasional

Bola futsal yang memiliki standar internasional sangat cocok digunakan untuk pertandingan serius. Meskipun harganya akan lebih mahal dibanding bola lainnya. Tapi kualitas bola tersebut akan terjamin. Kamu juga dapat memilih bola futsal ini sebagai koleksi. Bola yang berstandar internasional ini pasti memiliki logo FIFA Approved di bagian kulitnya.

Rekomendasi Bola Futsal Terbaik

Mikasa MCBE5

Mikasa MCBE5

Mikasa termasuk bola futsal terbaik berbahan kulit sintetis sehingga terasa empuk ketika ditendang. Dengan menggunakan Teknologi Threadless Seamed Beveled Edge atau disingkat TSBE yang digunakan bola ini membuatnya tahan lama dan tak mudah rusak meski sering terkena air menjadi kelebihan utama merk Mikasa yang diminati banyak orang.

Baca Juga :

Mitre Tempest

Mitre Tempest

Merk bola futsal yang satu ini memiliki beragam pilihan bola futsal dengan pilihan grade yang bisa disesuaikan. Salah satunya adalah Mitre Tempest Green yang memiliki warna cerah perpaduan biru dan kuning. Pilihan bola futsal Mitre ini cukup nyaman digunakan di lapangan indoor dan outdoor. Bagian kulitnya pun cukup empuk yang nyaman saat ditendang.

Specs Illuzion II MADA FS Match Ball

Specs Illuzion II MADA FS Match Ball

Bola futsal yang satu ini adalah merk lokal yang dllengkapi dengan 32 panel yang dijahit secara ekslusif dengan mesin. Warna dan motifnya yang unik pada bola ini terinspirasi dari semboyan negara kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, nama MADA berasal dari Gajah Mada, yaitu tokoh yang dikenal lewat Sumpah Palapa-nya yang menyatukan Nusantara.

UCL PRO VOID FOOTBALL

UCL PRO VOID FOOTBALL

Bola buatan adidas ini merupakan bola resmi yang digunakan pada pertandingan tersebut. Sepatu ini menggunakan teknologi thermally bonded seamless construction sehingga permukaan bola lebih halus dan bebas dari jahitan. Alhasil, risiko air untuk meresap lebih kecil, kamu pun dapat lebih bebas bermain di dalam atau luar ruangan.

Ortuseight Lighting FS

Ortuseight Lighting FS

Dengan memiliki kulit sintetis yang empuk dan menghadirkan pilhan warna yang beragam, menjadikan Ortuseight ini digemari di berbagai kalangan. Mulai dari ratusan ribu saja kamu mendapatkan bola futsal Ortuseight terbaik dengan material yang ringan sehingga kamu dapat menggiring bola dengan cepat dan tepat di lapangan, Tidak heran jika Ortuseight seringkali menjadi pilihan produk yang berkualitas karena kenyamanannya dan menjadi bola dengan model yang stylish.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved