Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Dan Internasional

Futsal merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia selain sepak bola. Sekilas futsal merupakan olahraga yang mirip dengan sepak bola namun nyatanya tidak. Terdapat perbedaan diantara kedua olahraga tersebut salah satunya ukuran lapangannya. Ukuran lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan sepak bola.

Jika lapangannya lebih kecil, pasti pemainnya juga lebih sedikit dibanding sepak bola. Total pemain futsal adalah 10 pemain yang terdiri dari 5 pemain di masing masing timya. Namun artikel kali ini tidak membahas hal tersebut melainkan ukuran lapangan futsal.

Dalam setiap cabang olahraga pasti memiliki ukuran standar lapangan nasional ataupun internasional. Berikut merupakan ukuran lapangan futsal sesuai standar nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Gawang Futsal
  1. Ukuran lapangan futsal standar nasional memiliki panjang antara 25 meter sampai dengan 42 meter dan lebar 15 meter sampai dengan 25 meter.
  2. Jari-jari lingkarang bagian tengah memiliki panjang 3 meter.
  3. Untuk garis area penalti sendiri dibuat dengan dua garis seperempat lingkaran dengan jarak dari garis gawang ke garis penalti sejauh 6 meter. Jika pemain melakukan pelanggaran di area ini maka wasit akan memberikan tendangan penalti kepada tim korban pelanggaran. 
  4. Jarak tendangan penalti memiliki jarak 10 meter dari garis gawang. 
  5. Ukuran gawangnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ukuran gawang sepak bola yaitu memiliki tinggi 2 meter dengan lebar sebesar 3 meter.
  6. Sama halnya seperti sepak bola, lapangan futsal juga memiliki area tersendiri bagi tim yang ingin melakukan pergantian pemain. Area ini terletak 5 meter dari garis tengah dan areanya sendiri memiliki lebar 5 meter. Pemain yang akan keluar masuk lapangan harus melewati area ini.
  7. Tempat untuk tendangan sudut dibuat dengan garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm dari sudut lapangan.

Baca Juga :

Ukuran Lapangan Futsal Internasional

Untuk ukuran lapangan futsal internasional sendiri memiliki ukuran lapangan yang agak besar dibanding nasional. Untuk ukuran lapangan futsal standar internasional yaitu, lapangan harus berbentuk persegi panjang dengan panjang 38 meter hingga 42 meter. Sementara itu, untuk lebarnya adalah 19 meter hingga 25 meter.

Untuk ukuran lainnya seperti, ukuran gawang, area penalti, area tendangan sudut, dan lingkaran di tengah lapangan memiliki ukuran yang sama seperti standar nasional.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved