Mengenal Tugas Di Setiap Posisi Pemain Futsal

Futsal merupakan salah satu olahraga permainan bola besar yang populer di Indonesia. Sekilas futsal mirip dengan sepak bola namun nyatanya tidak. Terdapat perbedaan diantara kedua olahraga tersebut seperti, ukuran lapangannya, jumlah pemain, posisi pemain dan lain lain. Nama nama posisi pemain di futsal memiliki istilah yang berbeda dari sepak bola.

Posisi pemain dalam futsal terdiri dari empat, yaitu pivot, flank, anchor, dan kiper. Setiap posisi memiliki tugas, dan perannya masing-masing. Berikut merupakan tugas dan peran dari setiap posisi futsal.

Pivot

Pivot Dalam Futsal

Jika di sepak bola dinamakan striker, dalam futsal dinamakan pivot. Pivot adalah posisi pemain yang bertugas untuk memasukan bola ke gawang dan mencetak skor untuk tim. Ia ditempatkan di posisi terdepan tim. 

Untuk pemain yang menempati posisi pivot, diwajibkan untuk memiliki insting dan skill tendangan yang akurat. Tak hanya itu, untuk pemain yang menempati posisi pivot juga diwajibkan mempunyai skill kontrol bola yang baik guna menerobos pertahanan musuh.

Flank

Flank Futsal

Flank atau dalam istilah sepak bola dinamakan sayap adalah posisi dalam futsal yang beroperasi di sisi kiri dan kanan lapangan. Pemain yang dalam posisi ini bertugas untuk menjadi penghubung antara anchor dan pivot.

Baca Juga :

Seorang flank harus pintar dalam membaca peluang dan pergerakan pemain untuk mencetak gol atau sekadar memberi umpan. Tak hanya itu saja seorang flank juga diwajibkan untuk memiliki skill berlari yang cepat dan skill untuk mengecoh lawan.

Anchor

Anchor Futsal

Anchor adalah posisi pemain perpaduan dari pemain bek dan gelandang dalam permainan sepak bola. Dalam futsal, posisi anchor memiliki dua tugas utama, yaitu menjaga pertahanan sekaligus mengatur serangan. Karena ia memiliki tugas tersebut, seorang anchor harus memiliki skill penguasaan bola yang baik.

Kiper

Kiper Futsal

Sama seperti sepak bola, kiper adalah pertahanan terakhir dalam futsal. Ia bertugas untuk menahan segala tendangan bola dari tim musuh. Seorang kiper harus memiliki refleks yang bagus untuk menepis dan menebak arah datangnya bola. Meskipun ia ditugaskan untuk berdiri di depan gawang, kiper futsal biasanya juga dibutuhkan untuk maju dan membantu peluang mencetak gol, alias lebih fleksibel.

© Copyright 2023 Ring Basket, Bola Basket dan Papan Pantul - All Rights Reserved