5 Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah pada kesehatan yang jarang disadari. Hal ini terjadi karena kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala dan diketahui melalui tes darah. Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit, termasuk kadar kolesterol tinggi. Selain dapat mengurangi kadar kolesterol kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari olahraga seperti salah satunya dapat membentuk otot tubuh.

Jogging

Kegiatan seperti jogging, berlari, dan jalan cepat. Termasuk kedalam olahraga kardio yang dapat dilakukan di dalam maupun diluar rumah. Kamu dapat melakukan kegiatan olahraga ini dirumah dengan manfaatkan lorong rumah atau dengan menggunakan treadmill.

Cukup melakukan kegiatan ini selama 150 menit perminggunya, kamu dapat menurunkan berat badan serta menurunkan kadar kolesterol secara perlahan.

Bersepeda

Bersepeda

Direkomendasikan untuk bersepeda dipagi hari dan keliling taman atau ketempat yang indah. Selain dapat menurunkan kolesterol dengan bersepeda berkeliling taman juga dapat menenangkan pikiran. Jika tidak ada kesempatan untuk itu. Kamu juga bisa bersepeda ketempat kerja jika jarak antara tempat kerja dan rumah kamu tidak terlalu jauh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin bersepeda memiliki risiko kolesterol tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Berenang

Berenang

Berenang adalah kegiatan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh dalam melakukannya sehingga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan berenang selama 30 menit secara rutin dapat membakar kalori serta menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga :

Tidak seperti olahraga yang disebutkan sebelummnya, olahraga ini termasuk olahraga yang memiliki resiko cedera lebih rendah dibanding olahraga yang disebutkan sebelumnnya.

Yoga

Yoga

Yoga adalah olahraga intensitas rendah yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan berdampak baik pada kadar kolesterol. Selain itu, yoga juga dapat membantu melatih otot, menjaga kesehatan mental, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Senam Aerobik

Senam Aerobik

Senam aerobik adalah olahraga yang gerakannya dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik, dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis.

Selain berolahraga kamu juga harus menjaga pola makan, menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi minum minuman beralkohol, dan memberpanyak asupan serat seperti kacang kacangan, gandum, sayuran dan makanan berserat lainnya untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved