Kickboxing : Mengenal Sejarah, Serta Peraturan Pertandingannya

Kickboxing adalah olahraga seni bela diri yang menggabungkan teknik menendang dan meninju. Olahraga bela diri ini mengandalkan kontak fisik secara intens seperti menendang, meninju, dan menghindari pukulan sehingga membutuhkan fisik dan stamina yang kuat.

Sebagian orang menganggap boxing dengan kickboxing ini adalah satu olahraga yang sama, padahal sebenarnya tidak. Boxing adalah olahraga bela diri yang hanya menggunakan tangan sebagai media menyerang. Sedangkan kick boxing adalah olahraga bela diri yang menggabungkan gerakan menendang dan meninju.

Sejarah Kickboxing

Sejarah Kickboxing

Kick boxing adalah olahraga yang berasal dari Jepang yang diciptakan oleh seseorang bernama Tatsuo Yamada. Ia menggabungkan beberapa jurus dari seni bela diri lainnya, seperti tinju, karate, dan muay thai.

Pada sekitar tahun 1970, kickboxing modern mulai berkembang di Jepang. Pada awalnya, pertandingan kickboxing diatur dengan aturan yang mirip dengan boxing. Seiring berjalannya waktu peraturannya diubah agar tidak mirip dengan boxing. Kickboxing menjadi semakin populer di Jepang dan menarik perhatian internasional.

Pada tahun 1974, organisasi kickboxing pertama di dunia, yang dikenal sebagai World Kickboxing Association (WKA), didirikan di Amerika Serikat. WKA menjadi organisasi penting dalam mengatur pertandingan kickboxing yang ada di dunia.

Setelah itu, kickboxing terus berkembang dan memiliki banyak variasi gaya, termasuk full-contact, low-kick, dan K-1, yang menjadi salah satu bentuk kickboxing paling populer di Jepang. Pertandingan kickboxing juga sering diadakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia.

Tingkat Sabuk Kickboxing

Sama seperti karate, kickboxing juga memiliki sabuk yang menandakan tingkat ilmu beladiri yang sudah dipelajari oleh seorang kickboxer. Namun untuk kickboxing hanya ada 3 tingkatan yaitu sabuk putih untuk pemula, sabuk cokelat tingkat menengah, dan sabuk hitam tingkat tinggi.

Baca Juga :

Peraturan Kickboxing

Peraturan Kickboxing

Karena tidak memiliki induk organisasi internasionalnya, aturan kickboxing tergantung pada badan penyelenggara atau organisasi yang mengatur pertandingan. Namun terdapat beberapa peraturan umumnya yaitu.

  1. Pertandingan kickboxing biasanya dilakukan di atas ring yang terbuat dari tali atau matras.
  2. Petarung dibagi ke dalam kategori berat tertentu. Setiap kelas memiliki batas berat yang ditentukan.
  3. Waktu pertandingan biasanya terdiri dari beberapa ronde, dengan setiap ronde memiliki durasi tertentu, misalnya 2 atau 3 menit.
  4. Pertandingan kickboxing biasanya menggunakan sistem poin untuk menentukan pemenang. Poin diberikan berdasarkan teknik yang efektif, seperti pukulan atau tendangan yang bersih dan mengenai target dengan tepat.
  5. Petarung diwajibkan memakai pelindung, seperti pelindung mulut, sarung tinju, dan pelindung kelamin. Hal ini bertujuan untuk melindungi petarung dari cedera serius.
  6. Dilarang untuk menyerang bagian belakang kepala lawan, menyerang selangkangan, menyerang menggunakan kepala, dan dilarang untuk menyerang lawan yang sudah terjatuh.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved