6 Rekomendasi Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika tubuh seseorang tidak lagi mampu mengambil gula ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula melebihi batas normal. Diabetes terjadi karena menjalani gaya hidup tidak sehat. Namun ada juga yang terjadi akibat salah satu anggota keluarga memiliki riwayat diabetes sehingga anaknya memiliki resiko tinggi terkena diabetes.

Gejala diabetes diantaranya yaitu, sering buang air kecil, gampang haus, gampang lapar, mudah kesemutan, dan masih banyak lagi. Selain menjaga pola makan, olahraga juga menjadi salah satu solusi untuk mengontrol gula dalam darah bagi penderita diabetes. Oleh karena itu berikut adalah rekomendasi olahraga bagi penderita diabetes.

Jalan cepat

Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan sebuah aktivitas sehari hari manusia ketika sedang buru buru. Namun, tanpa kita ketahui jalan cepat bermanfaat untuk penderita diabetes. Dengan melakukan jalan cepat akan bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung sehingga membuat aliran darah lebih lancar.

Jika kamu sudah terbiasa dan tidak mudah lelah, kamu dapat mencoba untuk jalan cepat sambil menanjak atau hiking untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bersepeda

Bersepeda

Bersepeda secara rutin dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Tak hanya itu, bersepeda secara rutin juga dapat meningkatkan aliran darah ke kaki dan membakar kalori untuk menjaga berat badan. Jika kamu tidak ingin keluar rumah dan memiliki kemampuan lebih, kamu dapat menggunakan sepeda statis.

Berenang

Berenang

Selain membantu untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh, berenang juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Berenang juga dapat bermanfaat untuk penderita diabetes yang mengalami gejala seperti kesemutan atau mati rasa pada bagian kaki.

Yoga

Yoga

Yoga merupakan kegiatan olahraga yang bertujuan untuk membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Selain dapat mengontrol kadar gula darah, yoga juga dapat membantu mengurangi rasa stress yang ada di pikiran.

Baca Juga :

Senam Diabetes

Senam Diabetes

Dengan melakukan senam diabetes, dapat membatu untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membantu untuk mengendalikan gula darah. Gerakan senam diabetes sendiri memiliki gerakan yang sama dengan senam pada umumnya.

Angkat Beban

Angkat Beban

Ketika melakukan angkat beban, maka secara perlahan masa otot akan bertambah. Hal tersebut menyebabkan gula darah akan lebih mudah untuk terkendali. Berdasarkan sebuah penelitian, mereka yang memiliki masa otot yang terbilang tinggi dapat terlindungi dari penyakit diabetes sebesar 32%.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved