Yoga : Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Jenisnya

Yoga merupakan kegiatan olahraga yang bertujuan untuk membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Yoga memiliki manfaat dapat membantu mengurangi rasa stress yang ada di pikiran. Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuhmu.

Pengertian Yoga

Pengertian Yoga

Dikutip dari wikipedia, Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat umumnya mengenal yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi.

Sejarah Singkat Yoga

Yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang ilahi. Yoga pertama kali diperkenalkan dalam buku Yoga Sutras yang ditulis oleh seorang tokoh India bernama Maharashi Patanjali yang hidup sekitar 500 SM. Namun sebagian para ahli berpendapat bahwa Maharashi Patanjali hanyalah penyebar yoga bukan pembuatnya.

Dilansir dari historia.id, hingga saat ini para pakar dan sejarawan belum berhasil menentukan kapan persisnya olahraga ini tercipta. Banyak yang berpendapat bahwa olahraga ini sudah ada sejak Peradaban Lembah Indus sekitar 3300-1900 SM, namun ada juga yang berpendapat bahwa olahraga ini ada sejak masa Peradaban Weda yakni sekitar 1700-500 SM.

Baca Juga :

Meskipun begitu, yoga ini semakin berkembang dan diterima oleh masyarakat di seluruh dunia. Masyarakat negara Barat baru mengenal yoga pada sekitar abad ke-19 ketika studi tentang filosofi India sedang marak.

Jenis Jenis Yoga

Jenis Jenis Yoga

Seiring berjalannya waktu, yoga semakin berkembang dan terdapat berbagai jenis yoga. Berikut adalah jenis jenis yoga.

Yoga Ashtanga

Yoga jenis ini dinilai tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki otot dan sendi yang lemah. Yoga jenis ini terdiri dari enam seri pose yang berurutan. Pada setiap sesi, kamu akan melakukan gerakan yang sama dan terstruktur.

Yoga Bikram

Yoga jenis ini merupakan yoga yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu 40C dengan kelembapan mencapai 40 persen. Jenis yoga ini terdiri dari 26 pose, serta latihan pernapasan. Yoga jenis ini juga cocok untuk kamu yang ingin membakar kalori.

Yoga Restorative

Yoga jenis ini merupakan yoga yang menggunakan alat bantu, seperti selimut, guling dan lainnya saat latihan. Gerakan gerakan yang ada di yoga jenis ini tergolong santai namun memiliki manfaat untuk menghilangkan stress, dan mengatasi susah tidur.

Yoga Kundalini

Yoga jenis ini adalah yoga yang mengharuskan kamu untuk melakukan gerakan tertentu, sambil mengatur napas dan bermeditasi. Tujuan dari yoga kundalini adalah untuk melepaskan energi dalam diri.

Yoga Yin

Yoga jenis ini adalah yoga yang cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan pikiran dan keseimbangan tubuh. Gerakan yang ada di yoga jenis ini tergolang tidak banyak karena mengutamakan durasi waktu lebih lama pada suatu gerakan untuk meningkatkan peregangan dan kesadaran batin.

Yoga Hatha

Yoga jenis ini cocok untuk pemula dan juga merupakan dasar dari semua jenis yoga. Hatha yoga merupakan jenis yoga yang mengandalkan teknik pernapasan agar mampu menghubungkan pikiran dengan tubuh. Yoga hatha memiliki manfaat untuk melatih fleksibilitas tubuh, dan mengurangi stress.

Yoga Vinyasa

Yoga vinyasa adalah jenis yoga yang melibatkan serangkaian gerakan di mana pergantiannya disesuaikan dengan ritme pernapasan. Yoga jenis ini juga cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved