7 Jenis Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya

Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang biasanya bersifat kompetitif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik seseorang sekaligus memberikan hiburan bagi pemain ataupun penonton. Olahraga seperti sepak bola, basket, dan voli termasuk kedalam jenis permainan bola besar. Permainan bola besar merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu di lapangan dengan bantuan alat utama, yaitu bola yang berdiameter lebih dari 50 cm.

Jenis Jenis Permainan Bola Besar

Futsal

Futsal

Futsal merupakan olahraga yang kurang lebih mirip dengan sepak bola. Futsal merupakan olahraga yang termasuk dalam permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 5 orang dimasing masing timnya. Futsal merupakan jenis permainan sepak bola yang dilakukan di sebuah ruangan besar dengan ukuran lapangan dan gawang yang lebih kecil dibanding dengan lapangan sepak bola.

Sepak Takraw

Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli. Sepak takraw adalah permainan bola besar yang mirip seperti voli, bedanya dalam sepak takraw tidak menggunakan tangan untuk memukul bola, melainkan kaki. Dimainkan di lapangan bulu tangkis, dalam permainan sepak takraw pemain tidak diperbolehkan untuk menyentuh bola dengan tangan. Bola takraw umumnya terbuat dari anyaman rotan.

Polo Air

Polo Air

Polo air merupakan cabang olahraga air yang dimainkan secara berkelompok. Cara memainkannya sendiri hampir sama dengan sepak bola. Bedanya hanya terdapat di lapangannya dan cara memasukan bola, polo air dilakukan di kolam renang sendangkan sepak bola dilakukan di lapangan hijau dan di sepak bola cara memasukan bola ke gawang menggunakan kaki sedangkan polo air menggunakan tangan untuk memasukan bola ke gawang.

Bowling

Bowling

Bowling merupakan jenis olahraga besar yang dimainkan dengan cara meggelindingkan bola menggunakan satu tangan. Bola digelindingkan sesuai jalur lintasan pin yang berjumlah 10 pin. Apabila 10 pin jatuh semua dalam satu lemparan maka hal ini akan terjadi strike.

Voli

Voli

Voli merupakan permainan bola besar yang dilakukan dengan dua tim yang terdiri 6 pemain di masing masing timnya yang saling bertanding. Voli menggunakan net untuk membagi wilayah masing-masing. Biasanya pertandingan bola voli berlangsung dalam 3-5 babak.

Baca Juga :

Bola yang digunakan di pertandingan voli biasanya memiliki ukuran diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Tim yang pertama kali berhasil mendapatkan skor 25 akan menjadi pememang pada sebuah babak.

Basket

Basket

Olahraga Basket merupakan olahraga yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Olahraga basket menjadi olahraga yang digemari banyak orang. Basket adalah jenis permainan bola besar menggunakan kekuatan tangan dalam memainkan bola untuk memasukkan ke dalam ring lawan. Permainan ini dilakukan dua tim dengan masing masing tim terdiri dari 5 orang. Pertandingan bola basket berlangsung selama 4  x 10 menit. Setiap babak memiliki jeda waktu selama 10 menit.

Sepak Bola

Sepak Bola

Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar yang termasuk olahraga paling populer di dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang diseluruh dunia menyukai olahraga yang satu ini. Olahraga sepak bola diperkirakan memiliki penggemar hingga 4 milliar di dunia, yang dimana angka tersebut merupakan hampir setengah populasi manusia dibumi.

Permainan yang terdiri dari 2 regu yang masing masing terdiri dari 11 orang di tiap regunya, menggunakan bola dengan ukuran diameter rata-ratanya 68-71 cm. Sepak bola berlangsung selama 2 babak dengan durasi waktu 90 menit, dalam satu babak berdurasi 45 menit.

Kemudian jeda istirahat selama 15 menit usai babak pertama. Jika hingga akhir pertandingan kedua regu memiliki skor yang sama, maka akan diberikan waktu tambahan maksimal 2 x 15 menit. 

© Copyright 2023 Ring Basket, Bola Basket dan Papan Pantul - All Rights Reserved