7 Jenis Permainan Bola Kecil Beserta Penjelasannya

Permainan seperti tenis, bulutangkis, dan baseball merupakan jenis permainan bola kecil. Permainan bola kecil merupakan sebuah permainan yang menggunakan bola kecil sebagai medianya. Berbeda dengan permainan bola besar, dalam permainan bola kecil biasanya dibutuhkan beberapa perlengkapan seperti raket, bet, ataupun tongkat yang nantinya akan digunakan dalam permainan bola kecil.

Jenis Jenis Permainan Bola Kecil

Tenis Lapangan

Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan permainan bola kecil kurang lebih mirip seperti bulu tangkis. Tenis lapangan merupakan permainan yang menggunakan raket dan juga bola tenis. Bola tenis nantinya akan dipukul menggunakan raket agar melewati net yang dibentangkan di tengah lapangan. Nomor yang dipertandingkan juga sama, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Tenis Meja

Tenis Meja

Tenis meja merupakan permainan bola kecil yang dimainkan diatas meja berukuran panjang 2,74 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 76 sentimeter yang dihitung dari permukaan tanah. Olahraga tenis meja atau sering juga disebut ping pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang bertanding satu sama lain. Raket yang digunakan di tenis meja terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja.

Golf

Di Indonesia, golf dikenal sebagai salah satu olahraga kelas atas karena untuk memainkan olahraga yang satu ini memerlukan peralatan yang banyak dan memerlukan biaya yang tergolong cukup mahal sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati olahraga ini. Golf merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang sudah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Hoki

Hoki

Sama seperti olahraga sepak bola, hoki merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh 11 pemain dalam setiap tim. Olahraga hoki merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang bertanding satu sama lain, dengan cara mengadu teknik manuver ke gawang lawan menggunakan sebuah tongkat bengkok (stik). Untuk memenangkan permainan ini adalah memperoleh gol terbanyak yang dicetak oleh tim dalam satu pertandingan.

Olahraga Hoki terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah hoki lapangan dan hoki es. Olahraga Hoki lapangan dilakukan di lapangan hijau sedangkan hoki es dilakukan di lapangan es. Hoki jenis ini lebih banyak dimainkan di benua Amerika dan Eropa.

Baseball

Permainan yang populer di Amerika Serikat ini, merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu yang berisi 9 orang di masing-masing timnya. Dalam permainan ini, pemain memukul bola yang dilemparkan oleh lawan yang kemudian berlari menuju basemen yang terletak di ujung lapangan yang berjumlah empat sudut base. Tugas lawan ialah melempar bola ke arah pemukul yang sedang berlari sebelum mencapai basemen.

Saat melempar bola sebaiknya diarahkan pada bagian kaki, tangan, atau badan yang dilindungi oleh pakaian khusus, sebab bola baseball yang cukup berat akan sakit jika terkena pada bagian yang tidak dilindungi. Pertandingan baseball akan berlangsung selama 9 inning dan tim yang memiliki skor terbanyak keluar sebagai pemenang.

Baca Juga :

Softball

Softball merupakan permainan bola kecil yang kurang lebih mirip seperti baseball, dimainkan secara berkelompok dan terdiri dari dua tim dengan 9 anggota di tiap timnya. Tugas dari setiap kelompok tersebut bertugas mendapatkan poin dengan memukul bola dan berlari ke base. Cara mendapatkan poin dalam permainan softbal yaitu dengan memukul bola dengan baik lalu berlari melewati atau hinggap ke base yang tersedia hingga kembali ke home base.

Dalam pertandingan softball, durasi permainan setidaknya tujuh inning atau sekitar dua jam. Setelah inning selesai, tim yang mencetak angga (run) terbanyak keluar sebagai pemenang. Jika ternyata terjadi seri atau tie break, maka akan ada inning tambahan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang.

Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah permainan yang menggunakan raket dan juga kok. Shuttlecock dipukul menggunakan raket agar melewati net yang dibentangkan di tengah lapangan. Bola kecil yang digunakan dalam bulu tangkis dinamakan kok, dan terbuat dari bulu angsa serta memiliki bantalan karet di bawahnya.

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit yang dapat dilakukan oleh semua usia, mulai dari usia muda hingga tua. Bulu tangkis memiliki lima nomor pertandingan, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Olahraga yang satu ini sangat populer di kawasan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, China, Jepang, dan Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, bulu tangkis menjadi satu satunya cabang olahraga yang kerap memberikan prestasi di kancah internasional, seperti di ajang SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved