8 Macam Olahraga Kardio Yang Dapat Dilakukan Di Dalam Atau Luar Rumah

Seperti yang kita ketahui olahraga kardio merupakan olahraga yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Selain memiliki manfaat untuk membakar lemak, olahraga kardio juga memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan paru paru, mengurangi resiko kanker dan masih banyak lagi. Olahraga kardio merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di dalam maupun diluar rumah. Sebelum berolahraga, pastikan kamu sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena olahraga kardio pun dapat mengeluarkan banyak keringat, pastikan kamu juga tidak dehidrasi. Berikut merupakan macam macam olahraga kardio.

Lompat Tali

Lompat Tali

Lompat tali atau biasa disebut skipping adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meskipun terlihat sederhana, namun dibalik kesederhanaanya mempunyai manfaat yang kurang lebih sama dengan jogging. Ketika melakukan lompat tali dalam 30 menit dengan intensitas rendah dapat membakar sekitar 281 kalori. Tak hanya itu, lompat tali juga mampu memperbaiki sirkulasi darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan detak jantung.

Ketika kamu pertama kali melakukan lompat tali. Kamu bisa memulainya dengan kegiatan lompat tali selama 20 hingga 30 menit, tapi diwajibkan untuk setiap 5 menit berikan jeda istirahat jika kamu merasa kelelahan. Jangan terlalu memaksakan untuk lanjut karena itu dapat merusak tubuhmu.

Naik Turun Tangga

Olahraga Naik Turun Tangga

Berolahraga rutin tidak selamanya membutuhkan banyak peralatan. Kamu dapat memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar, salah satunya tangga. Jika kamu memiliki tangga dirumahmu, manfaatkanlah tangga tersebut untuk olahraga. Telah terbukti secara ilmiah bahwa olahraga naik turun tangga dapat meningkatkan kebugaran dan dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk setiap 10 langkah naik turun tangga akan membakar 1 kalori di dalam tubuh. Selain untuk menurunkan berat badan, olahraga naik turun tangga juga memiliki manfaat untuk melatih otot-otot kaki.

Berenang

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menjadi favorit banyak orang. Selain untuk menyegarkan badan di saat cuaca panas, tanpa kita ketahui berenang juga dapat menyehatkan jantung. Meskipun tidak terlihat melelahkan dibanding berlari. Faktanya, orang yang rutin berenang disebut dapat panjang umur dibandingkan orang yang jarang berenang. Berenang dapat membantu melepas stres dan menurunkan suhu tubuh akibat tekanan darah yang meningkat, melatih pernapasan, sekaligus melatih fleksibilitas dengan bergerak bebas di air.

Squat Jump

Squat Jump

Squat jump merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan otot kaki. Squat dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka sedikit lebar. Kemudian, tangan diletakkan di belakang kepala, sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk. Olahraga ini membutuhkan persendian yang kuat. Pastikan saat melakukan gerakan ini, mendaratlah di lantai dengan lembut untuk melindungi persendian. Squat jump bermanfaat untuk mempertahankan mobilitas dan keseimbangan, membakar kalori, menambah sirkulasi darah dan oksigen, dan memperkuat tulang.

Angkat Beban

Angkat Beban

Selain mampu untuk membentuk dan memperbesar otot tubuh, dengan melakukan angkat beban juga dapat menyehatkan otot jantung dan kesehatan tulang. Dengan melakukan angkat beban sekitar 30-40 menit per minggu, dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Meskipun terlihat tubuh hanya fokus membangun otot, angkat beban juga turut membakar banyak energi, sehingga dapat mencegah obesitas dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan.

Bersepeda

Bersepeda

Olahraga sepeda tak hanya sekedar dari mengayuh pedal dan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan sepeda. Tanpa kita sadari dengan bersepeda akan mendapat manfaat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ketika sedang bersepeda, maka otot kaki besar akan bekerja sehingga dapat membantu meningkatkan detak jantung. Tak hanya itu saja, dengan bersepeda juga dapat membantu kesehatan mentalmu.

Baca Juga :

Burpee

Burpee

Burpee merupakan olahraga yang terdiri atas gerakan push up dan kemudian diikuti dengan lompatan di udara seperti squat jump. Rangkaian gerakan tersebut dilakukan terus-menerus secara berulang tanpa jeda. Dengan melakukan burpee akan melatih otot otot utama tubuh hingga akhirnya membentuk kekuatan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Burpee juga dapat membantu membakar kalori dengan efektif. Tak hanya itu saja, olahraga ini juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan daya tahun jantung dan paru paru, meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Jogging

Jogging

Joging sangat mudah untuk dilakukan, sederhana, dan bisa dilakukan di mana saja. Jenis olahraga kardio yang mudah dilakukan satu ini dapat meningkatkan detak jantung, dan merupakan cara yang bagus untuk melakukan pemanasan olahraga yang lebih intens.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved